Dilaporkan Terkait BLT-DD, Kepala Kampung Aikawapuka Kaget Dipanggil Unit Tipikor Polres Mimika

Bagikan Bagikan
Yohanes Pomare (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Kepala Kampung Aikawapuka Distrik Mimika Tengah, Yohanes Pomare mengaku kaget mendapat panggilan dari Unit Tipikor Polres Mimika.

Saat ditemui wartawan di kantor pelayanan Polres Mimika di mile 32, Yohanes mengkau BLT-DD sebesar Rp 300.000 dan disalurkan sesuai jumlah peneima yang ditentukan dari Kemsos RI. 

BLT- Dana Desa tahun 2020 tahap pertama, kedua, ketiga dan keempat sebesar Rp 1 miliar lebih. Bantuan tersebut dicairkan khusus selama pandemi covid-19 dan telah disalurkan per-triwulan untuk empat tahap kepada 300 kepala keluarga (KK). Setiap KK mendapatkan Rp 300.000 akan tetapi ada tahapan yang diberikan untuk empat bulan sekaligus, sehingga tiap KK mendapatkan Rp 1,800.000.

“Saya kaget dan tidak tahu siapa yang melapor. Yang jelas semua sudah saya bagikan sesuai ketentuan. Selain saya, ada juga beberapa kepala kampung yang dipanggil,” ungkapnya, Rabu (8/9/2021).

Selain dilaporkan soal BLT-DD, ia juga dilaporkan lantaran hingga saat ini belum membagi BST 2021. Padahal BST untuk kampung Aikawapuka belum disalurkan dari pusat.

Dijelaskan bahwa di hadapan Polisi ia  akan menyampaikan terkait apa yang telah dia lakukan mengingat ia pun baru dilantik dan BLT-DD telah disalurkan sebelum ia menjabat.

“Ini sebetulnya kecemburuan sosial saja karena ada yang dapat dan ada yang tidak dapat. Apalagi untuk BST ini mereka dengar di kampung lain sudah dibagi. Di kampung saya BST itu belum disalurkan, bagaimana saya mau bagi? Tapi tidak apa-apa, saya penuhi panggilan kepolisian saja supaya semuanya jelas,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa data calon penerima BLT-DD dan BST langsung dari Kemensos, sedangkan kepala kampung hanya menyalurkan sesuai data yang telah ada.

“Lagian pembagian bantuan itu dihadiri oleh Kepala Distrik, Danramil, Kapolsek dan perangkat desa lainnya ada bukti dokumentasi juga. Jadi apanya yang dilaporkan?,” tuturnya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar