Translate

17 Tamu PON XX di Timika Positif Covid dan 52 Orang Terkena Malaria

Bagikan Bagikan
Kadinkes Mimika, Reynold Ubra (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Tercatat hingga tanggal 14 Oktober 2021, ada 17 orang tamu kontingen PON XX di Timika yang terpapar positif Covid-19 dan 52 orang terkena malaria.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Mimika, Reynold Rizal Ubra mengatakan, dari 17 orang tersebut hingga saat ini tersisa satu orang atlet Basket yang masih menjalani isolasi.

Di Timika merupakan yang terendah untuk temuan kasus Covid-19 khusus tamu PON XX, sedangkan di Merauke dan Kota Jayapura temuannya lebih dari 25 orang.

“Tinggal satu orang atlet basket dari Bali yang sementara diisolasi. 17 orang ini tidak bergejala. Kita patut bersyukur temuan kasus terkecil adanya di Timika,” katanya saat ditemui usai menghadiri acara gebyar penutupan PON XX Papua klaster Mimika di lapangan Timika Indah, Jumat (15/10/2021).

Menurut Reynold, untuk kasus malaria cukup tinggi yaitu 52 kasus. Namun, jika dilihat dari presentase angka positif sangat rendah, karena hanya 0,7 % dari seribu lebih kontiingen yang discreening.

Tim kesehatan juga melakukan screening untuk warga yang ada di sekitar tamu PON seperti rumah-rumah penduduk yang terletak di dekat Brigif. Meski ditemukan, tapi tidak mencapai angka ratusan.

“Itu sedikit sekali kalau dibandingkan dengan jumlah yang datang yaitu seribu lebih,” tuturnya.

Pengendalian malaria selama pelaksanaan PON sangat bagus. Sebab, indikator malaria bisa dikendalikan ialah tidak lebih dari 1/1000 penduduk.

“Nah yang ditemukan saat PON ini hanya 1% atau 0,1/1000. Itu sangat rendah,” ujarnya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar