Translate

Seorang Warga Check Point Kuala Kencana Curi 14 HP Murid yang Biasa Digunakan Untuk Belajar Online

Bagikan Bagikan
(Foto:Ilustrasi)

SAPA (TIMIKA) - Seorang pria berinisial FP (24) warga di wilayah Check Point Kuala Kencana ditangkap anggota Satreskrim Polres Mimika setelah ketahuan mencuri 14 buah HP di asrama Joronet.

FP ditangkap tanggal 1 November 2021 sekitar pukul 21.30 WIT di jalan Kesehatan Kelurahan Timika Indah berdasarkan laporan dari Antonius Suratim tanggal 30 Oktober 2021.

"Semua HP yang dicuri pelaku merupakan HP yang biasa digunakan murid-murid untuk belajar atau sekolah online," ungkap Kasatreskrim Polres Mimika, Iptu Bertu Haridyka Eka Anwar, Selasa (2/11/2021).

Barang bukti yang diamankan adalah dua buah HP Oppo dan dua buah HP merek Oppo A51S. Selanjutnya, tim Satreskrim akan terus melakukan pengembangan agar semua HP yang dicuri pelaku bisa diamankan, karena hal itu merupakan atensi mengingat HP yang digunakan adalah untuk sekolah online.

"Tidak ada perlawanan dari pelaku saat kita amankan sehingga kita bawa ke Polres Mimika untuk proses lebih lanjut. Kemarin juga Ibu asrama sampaikan bahwa kalau bisa maksimalkan karena itu HP yang digunakan anak sekolah," tuturnya.

Perbuatan FP berkaitan dengan pasal 363 KUHP pidana dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun lebih.

Dijelaskan, setalah diamankan, FP mengaku bahwa dirinya beraksi sendiri. Namun, selanjutnya setiap HP dia sebarkan ke beberapa orang untuk membantunya menjual dan uang hasil penjualan diberikan ke FP.

Menurut masyarakat sekitar asrama, tingkah FP sudah sangat meresahkan. FP juga sering diamankan di Polsek, akan tetapi masalahnya dimediasi dan hanya sebatas tuntutan ganti rugi. Dengan demikian, atas kasus pencurian HP ini, secara pasti akan dikenai hukum pidana.

"Pelaku mengaku HP-HP itu dia bagikan ke beberapa orang untuk bantu dijualkan tapi hasilnya diserahkan ke dia. Makanya sekarang kita lakukan penyidikan supaya kita tahu apakah aksinya komplotan atau aksinya oleh FP saja karena memanfaatkan situasi ataupun alasan lainnya," jelasnya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar