Translate

Enam Tahun Beroperasi, Baru Kali Ini Puskesmas Alama Memiliki Dokter

Bagikan Bagikan
Petugas kesehatan foto bersama di Kampung Alama (Foto:Istimewa)

SAPA (TIMIKA) - Selama 6 tahun beroperasi sejak dimekarkan dari Puskemas Jila tahun 2015 lalu, baru kali ini Puskemas Alama memiliki dokter umum.

Hal ini diungkapkan Kepala Puskesmas Alama, Saulus Pokniangge, S.Kep. Ns kepada Salam Papua di Timika, Rabu (1/12/2021).

Ia menyebutkan dokter yang ditugaskan sebanyak dua orang merupakan dokter umum CPNS Pemkab Mimika, bernama Regina M Chita Mutiara dan Riani Situmorang.

Menurutnya, saat ini karena didukung dengan situasi yang kondusif sehingga pelayanan kesehatan di Alama berjalan dengan aman dan lancar.

“Kami bersyukur sudah ada dua dokter bersama kami untuk melakukan pelayanan kesehatan di Alama. Mudah-mudahan situasi di Alama tetap kondusif sehingga pelayanan bisa tetap lancar seperti saat ini,” katanya.

Pelayanan kesehatan yang dimaksud adalah enam pelayanan dasar kesehatan yakni upaya promosi kesehatan, kesehatan lingkungan, pencegahan dan pemberantasan penyakit menular, perbaikan gizi masyarakat, upaya pengobatan dasar, serta upaya kesehatan Ibu dan anak.

Selain itu dilakukan juga kegiatan tambahan lainnya seperti imunisasi dasar lengkap (IDL), pemberian obat pencegahan filariasis atau kaki gajah, kegiatan Posyandu Balita dan Lansia serta imunisasi untuk murid-murid SD Negeri Alama.

Ia mengatakan, pada akhir Bulan November sebagian besar tenaga kesehatan kembali ke Timika dan akan kembali ke Puskemas awal Januari nanti. Hal ini untuk mengantisipasi jika terjadi gangguan keamanan pada Bulan Desember namun pelayanan tetap jalan karena ada dua perawat laki-laki orang asli Papua yang tetap tinggal di Puskesmas Alama.

Jumlah tenaga kesehatan di Puskesmas Alama selama ini sebanyak 25 orang yang merupakan 12 orang PNS dan CPNS serta 25 tenaga honorer. Namun awal tahun nanti ditambah dua dokter sehingga menjadi 27 orang.

“Dalam pelayanan dilakukan pembagian shift setiap bulan sehingga pelayanan tetap dilakukan jika tidak terjadi gangguan keamanan,” ujar mantan Kepala Puskesmas Jita ini. (YOSEFINA)


Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar