SALAM PAPUA (TIMIKA) – Satu anggota TNI dari Satgas YPR 305/Tengkorak atas nama Sertu Robertus Simbolon tewas dalam insiden kontak senjata dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Daniel Aibon Kogoya alias DAK (Danyon Ndullamo Kodap III Ndugama) di Kampung Titigi, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, sekira pukul 16.00 WIT, Minggu (9/4/2023).

Sertu kelahiran Sitao-tao, 24 Oktober 1994 ini tewas sekira pukul 19.09 WIT, Minggu (9/4/2023), di Puskesmas Bilogai Kabupaten Intan Jaya akibat luka tembak pada perut bagian kiri bawah dan tangan kiri.

“Benar ada kontak tembak. Satu anggota TNI tewas. Jenazah Sertu Robertus sempat disemayamkan di RSUD Sugapa. Saat ini situasi siaga,” ungkap Kapendam XVII/Cenderawasih, Kolonel Kav Herman Taryaman,S.I.P,M.H saat dikonfirmasi, Senin (10/4/2023).

Pantauan salampapua.com, jenazah Sertu Robertus dievakuasi ke Timika menggunakan Pesawat Smart Air Aviasi PK-SNP. Tiba di terminal baru Bandara Mozes Kilangin sekira pukul 09.50 WIT, Senin (10/4/2023), dan langsung dibawa ke ruang jenazah RSUD Mimika.

Informasi yang berhasil dihimpun, selain Sertu Robertus, juga ada dua anggota lainnya yang mengalami luka tembak dalam peristiwa tersebut.

Humas RSUD Mimika, Luky Mahakena menyampaikan bahwa tindakan yang dilakukan berdasarkan SOP dan sesuai permintaan untuk melakukan visum luar tubuh terhadap jenazah.

“Kita lakukan penanganan sesuai permintaan yaitu lakukan visum luar saja. Selebihnya mandi dan  kenakan pakaian serta formalin,” ungkap Luky.

Wartawan : Acik

Editor : Jimmy