SALAM PAPUA (TIMIKA) - Tim Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Damar Husada Paripurna (LARS-DHP) melakukan survei lapangan akreditasi Rumah Sakit Standar Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada Rumah Sakit Umum Daerah Mimika (RSUD) Kabupaten Mimika, Papua Tengah, yang dilaksanakan pada 14-15 April 2023.

Kegiatan yang digelar di Ruang Pertemuan RSUD Mimika tersebut dibuka langsung oleh Plt Bupati Mimika Johannes Rettob, Jumat (14/4/2023).

Plt Bupati Mimika yang akrab disapa John Rettob ini berharap hasil survei LARS-DHP akan berbuah hasil sempurna.

“Pihak RSUD Mimika sebelum melakukan akreditasi selalu bekerja keras sehingga saat tim (Surveior) datang membuat mereka sangat siap. Tekat kami pemerintah daerah adalah meningkatkan mutu pelayanan RSUD ini yang diharapkan membuahkan hasil sempurna dan paripurna,” harapnya.

Survei akreditasi ini, menurut John, merupakan bagian dari konsistensi Pemkab Mimika dalam memperkuat peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Sehingga apapun program yang diminta oleh RSUD selalu saya setujui, karena kesehatan di Mimika yang paling utama,” tuturnya.

Sedangkan Direktur RSUD Mimika, dr. Antonius Pasulu dalam laporannya menyampaikan, survei akreditasi untuk rumah sakit tersebut telah dilakukan dua kali, dan terakhir dilakukan pada tahun 2018 lalu.

Dikatakan ada empat poin yang dipersiapkan untuk survei akreditasi yaitu Pemilihan Lembaga Independen Penyelenggaraan Akreditasi (LIPA), Pemenuhan Standar Akreditasi RS, memberikan Bimbingan dan Pelatihan secara Daring, Luring, Pelatihan Internal dan Survei Keselamatan Pasien, serta melakukan kerja sama dengan instansi terkait Survei.

“Kami berharap bahwa persiapan yang telah kami lakukan selama ini akan dapat memenuhi Standar Pelayanan Rumah Sakit sebagaimana ketentuan yang berlaku,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Tim Surveior LARS-DHP, Retno Setyowati,M.Kes,Sp.Pk.Mars mengatakan, peningkatan mutu pelayanan dan keselamatan pasien adalah kewajiban dan tanggung jawab rumah sakit.

“Tapi yang dari saya lihat mutu pelayanan RS ini sangat baik, kita bisa melihat dari Peningkatan Mutu Keselamatan Pasien (PMKP) sehingga bisa disimpulkan pelayanan RSUD dari 2018 lalu hingga saat ini terus meningkat,” ujarnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy