SALAM PAPUA (TIMIKA) - Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) Pariwisata Bejana Kasih Bumi Papua diresmikan untuk mendorong peningkatan SDM Mimika di bidang perhotelan.

Peresmian gedung BLKK seluas 14×17 meter dibangun di atas lahan 7500 meter persegi ini ditandai dengan pemotongan pita dan langsung dilaksanakan pelatihan bagi 16 peserta angkatan pertama.

Ketua Yayasan Bejana Kasih Bumi Papua dan juga sebagai Pimpinan BLKK, Nerius A Tulalessy,S.ST.Par menjelaskan bahwa lembaga ini dapat dibangun berkat saran dari Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin ketika berkunjug ke Jayapura saat event PON tahun 2022 lalu.

“Saat itu Wakil Presiden menyarankan agar lembaga-lembaga keagamaan di Papua untuk terlibat  melakukan pengembangan SDM masyarakat Papua. Saran itu kemudian ditindaklanjuti oleh lembaga-lembaga keagamaan,” ungkapnya sebelum peresmian BLKK yang  beralamat di Jalan Soponyono, Kelurahan Wonosari Jaya, Distrik Wania, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah tersebut, Rabu (17/5/2023).

Atas saran tersebut, Keuskupan Timika dan Yayasan Bejana Kasih Bumi Papua langsung mempersiapkan berkas persyaratan pendiriannya. Selanjutnya setelah berkas diverifikasi, Yayasan Bejana Kasih Bumi Papua dipilih untuk menerima bantuan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Dana yang digelontorkan untuk pembangunam gedung BLKK sebesar Rp 600 juta, sementara pengadaan perlengkapan sarana praktik senilai Rp 395 juta. Jadi pemerintan pusat menginvestasikan hampir Rp 1 miliar untuk pengembangan SDM Papua,” ungkapnya.

Menurut Nerius, peserta BLKK mendapat ilmu teori selama 18 hari ke depan, yang kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan praktik lapangan di sejumlah hotel  di Timika.

Tenaga pengajar di BLKK sebanyak dua orang yakni Executive Manager Chef dari Hotel Inna Garuda Yogyakarta dan Dosen dari Sekolah Tinggi Ilmu Pariwisata Yogyakarta.

Pantauan salampapua.com, BLKK ini dilengkapi dengan tempat tidur, mesin cuci dan sejumlah perlengkapan lainnya sebagai sarana praktik. Terdapat juga ruang kelas yang bersih dan nyaman.

Sementara Staf Ahli Bupati Mimika Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, Septinus Timang saat mewakili Plt Bupati Mimika untuk hadir pada acara tersebut dalam sambutan menyampaikan bahwa Pemkab Mimika sangat menyambut baik keberadaan BLKK Pariwisata tersebut. Apalagi saat ini Pemkab sedang berupaya mengembangkan pariwisata di Mimika, tentunya membutuhkan banyak tenaga kerja di bidang pariwisata.

“Saya mewakili Pemkab Mimika sangat menyambut baik adanya BLKK di bidang pariwisata. Mimika punya rencana dan akan berupaya untuk pengembangan bidang pariwisata. Jadi keberadaan BLKK ini menjadi salah satu bentuk dukungan bagi Pemkab Mimika,” kaya Septinus sebelum pemotongan pita peresmian gedung BLKK.

Wartawan : Acik

Editor : Jimmy