SALAM PAPUA (TIMIKA) - Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Setda Mimika, Petrus Lewa Koten mengatakan bahwa Penyerapan Anggaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika tahun 2023 per tanggal 7 Mei 2023 baru mencapai 7%.

Dirinya meminta kepada seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) daerah untuk menunjukkan kinerjanya, termasuk memaksimalkan serapan anggaran pada tahun 2023 ini.

“Dari imbauan Plt Bupati, meminta Kepala-Kepala OPD agar dapat menjalankan roda perangkat daerah masing-masing dengan baik dan dapat membagi tugas antara Kepala OPD, sekretaris, kepala bidang termasuk dengan para staf dalam rangka pencapaian kinerja dan untuk meningkatkan serapan anggaran,” ungkap Petrus saat mewakili Plt Bupati Mimika Johannes Rettob memimpin apel pagi bagi seluruh pegawai di lingkup Pemkab Mimika yang digelar di pusat Pemerintahan Mimika, Jalan Poros Kuala Kencana SP3 Timika, Senin (15/5/2023).

Petrus berharap agar kegiatan-kegiatan yang bersifat rutin di setiap OPD untuk segera dilakukan sehingga dapat menaikan presentasi penyerapan anggaran.

“Seperti kegiatan studi banding yang baik, yang membantu untuk membangun Kabupaten Mimika segera jalankan, jangan menunda-menunda. Untuk pekerjaan fisik segera juga dilelang, awal Juni semua pekerjaan bisa berjalan dengan baik, sehingga penyerapan meningkat,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, bagi OPD yang serapan anggarannya masih rendah perlu dipacu, untuk memastikan seluruh kegiatan dapat tercapai sesuai target waktu yang ditentukan sebagaimana tertuang dalam daftar penggunaan anggaran. 

“Kita harus bersyukur memiliki APBD yang besar. Dengan anggaran yang besar seharusnya kita bisa menyerap dengan baik untuk pembangunan Mimika, jangan sampai penyerapan di tahun 2022 terulang,” tutupnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy