SALAM PAPUA (TIMIKA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Mimika kembali meraih Akreditasi Tingkat “Paripurna” melalui survey Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Damar Husada Paripurna (LARS DHP).

Akreditasi Rumah Sakit merupakan pengakuan yang diberikan oleh pemerintah karena telah memenuhi standar pelayanan yang telah ditetapkan.

Direktur RSUD Mimika dr. Antonius Pasulu mengatakan bahwa dirinya sangat bersyukur atas perolehan kedua kalinya akreditasi Paripurna terhadap Rumah Sakit pelat merah yang dipimpinnya tersebut.

"Jadi hasilnya sudah keluar pada tanggal 26 April 2023 dan kita lulus Paripurna untuk kedua kalinya," ungkap dr. Anton saat ditemui di RSUD Mimika, Senin (1/5/2023).

Anton mengungkapkan, RSUD Mimika sejauh ini telah melaksanakan akreditasi sebanyak tiga kali. Akreditasi pertama tahun 2012 oleh KARS (Komisi Akreditasi Rumah Sakit), hasilnya lulus tanpa syarat untuk lima pelayanan dan hal tersebut merupakan kategori tertinggi. Kemudian pada tahun 2018 dilakukan akreditasi kembali oleh Komisi Akreditas Rumah Sakit (KARS) dengan hasil Lulus Paripurna.

"Jadi prestasi tersebut diraih tidak semudah membalikan telapak tangan, segala persiapan telah dilakukan sebelumnya. Dengan komitmen dan semangat juang dari seluruh civitas hospitalia rumah sakit, bersatu padu untuk dapat meraih prestasi yang menjadi idaman di seluruh rumah sakit demi mutu pelayanan dan keselamatan pasien," jelasnya.

Lanjutnya, di tahun 2023 ini RSUD Mimika didaulat kembali untuk memangku prestasi yang membanggakan tersebut yaitu mendapatkan gelarnya sebagai rumah sakit dengan akreditasi tingkat Paripurna.

"Jadi memang saat survey ada beberapa catatan dari surveyor apa yang harus kami perbaiki terutama kelengkapan dokumen dan saat itu juga segera kami lengkapi. Untuk survey akreditasi kali ini ada 16 Bab, berbeda pada akreditasi sebelumnya 15 Bab, ada tambahan 1 Bab dan beberapa elemen penilaian," ungkapnya.

Meskipun telah meraih akreditasi paripurna, Dia mengaku pihaknya akan terus menjaga dan meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien. Selain itu pihaknya berencana menambah layanan-layanan sesuai kebutuhan masyarakat Mimika.

"Kalau saat ini layanan spesialis kami ada 11 (bedah, anak, interna, Obgyn, Mata, THT, Kulit, Jantung, Paru, bedah saraf dan gigi) diitambah dengan penunjang yaitu spesialis anastesi, patologi klinik, radiologi dan patologi anatomi, jadi total ada 15 layanan spesialis. Rencana kami tambahkan lagi tahun ini yakni spesialis neurologi dan orthopedi," tutupnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy