SALAM PAPUA (TIMIKA) – SMP Negeri 2 Mimika menggelar acara Penamatan dan Pelepasan 317 Siswa-Siswi Kelas IX Tahun Pelajaran 2022-2023 yang diselenggarakan di Graha Emeneme Yauware Timika, Selasa (23/5/2023).

Pantauan salampapua.com, acara pelepasan ini mengusung tema “Mewujudkan Generasi Muda Yang Adaptif, Tangguh, Kreatif dan Berdaya Saing di Era Milenial” dan dikemas dalam nuansa budaya Nusantara, dimana seluruh siswa yang tamat mengenakan pakaian adat perwakilan masing-masing daerah.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Mimika, Willem Naa saat hadir pada kegiatan tersebut dalam sambutannya mengingatkan agar seluruh siswa yang kini menjadi alumni SMPN 2 harus tetap menjaga nama baik almamaternya.

“Harus jaga etika dan sopan santun, harus jaga nama baik almamater, nama baik kepala sekolah, guru-guru serta orang tua. Harus melanjutkan pendidikan setinggi-tingginya untuk menghadap kemajuan dunia,” pesannya.

Kepala SMPN 2 Mimika, Mathias Sedan mengungkapkan, jumlah siswa yang mengikuti acara pelepasan tersebut sebanyak 317 orang dan merupakan angkatan ke-32. Dia berharap semua siswa-siswi tersebut bisa lulus 100 persen dan bisa melanjutkan pendidikan ke tingkatan SMA ataupun SMK serta kelak dapat melanjutkan ke Perguruan Tinggi.

“Acara perpisahan atau pelepasan ini terselenggara atas keinginan kuat seluruh orang tua siswa. Setiap orang tua siswa juga bahu membahu mengumpulkan dana secara sukarela, sehingga acara terlaksana dengan baik,” katanya.

Mathias mengatakan, pengumuman kelulusan akan dilaksanakan tanggal 8 Juni 2023 mendatang. Demikian juga untuk  penerimaan calon siswa baru juga dilakukan setelah pengumuman kelulusan SD.

Sedangkan ketua panitia acara pelepasan yang juga merupakan Kapolsek Mimika Baru (Miru), AKP Saidah Rombrow mengungkapkan bahwa acara pelepasan tersebut bertujuan untuk mempererat kebersamaan antar siswa serta menjadi suatu kenang-kenangan bagi para guru dan seluruh siswa yang tamat.

“Yang menjadi penyelenggara adalah seluruh orang tua siswa kelas IX, komite dan guru-guru. Saya sebagai ketua panitia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat. Mohon maaf kalau ada kesalahan dan kekurangan dalam acara ini,” kata AKP Saidah.

Sementara Pesan dan Kesan dari Siswa Kelas VII dan VIII yang diwakili oleh Muhammad Akbar menyampaikan sebagai adik tingkat, dirinya bersama teman-teman merasa sedih atas perpisahan ini. Diharapkan segala yang dijalani bersama di SMPN 2 bukan hanya menjadi kenangan semata, tapi keakraban harus terus terjaga.

“Saya mewakili teman-teman sangat sedih melepas kakak-kakak semua, tetapi doa kami semua agar kakak-kakak terus melanjutkan pendidikan dan kelak menjadi orang sukses,” ujarnya.

Sedangkan pesan dan kesan dari pelajar kelas IX yang diwakili oleh Larasati menyampaikan bahwa ia dan teman-teman seangkatannya sangat bangga menjadi siswa SMPN 2 Timika. Sangat bersyukur dididik oleh guru-guru yang sangat sabar dan mengayomi. Perpisahan ini bukan menjadi akhir, tapi sebagai awal untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Kepada seluruh adik-adik tingkat, diharapkan agar tetap menjaga kesehatan, menjaga keselamatan diri, serta menjaga sopan-santun dan mengasihi yang lebih tua.

“Terimakasih kepada seluruh guru yang dengan tabah mengajari ilmu. Ucapan syukur juga disampaikan kepada orang tua yang telah mendukung,” kata Larasati.

Wartawan : Acik

Editor : Jimmy