SALAM PAPUA (TIMIKA) -  Anggota DPRD Mimika dari Partai Kebangkitan Bangsa, Amandus Gwijangge,S.P menggelar Reses tahap II tahun 2023 kepada warga SP 6 Kampung Naena Muktipura, Rabu (5/7/2023).

Dalam momentum penjaringan aspirasi warga yang dirangkaikan dengan pembagian bantuan uang tunai ini, Kepala Kampung Naena Muktipura, Lalu Sukri Rahman menyampaikan bahwa warga SP 6 hampir semua berprofesi Petani dan ladang yang dimiliki masih susah diakses oleh kendaraan.

“Warga saya yang punya ladang ini di dalam hutan, tidak bisa diakses dengan kendaraan, mungkin pak Dewan bisa menimbun jalan menuju ladang. Kita juga untuk membeli pupuk saja sangat susah, padahal kita juga membeli meskipun dengan harga yang tinggi,” ujarnya.

Dianya menjelaskan, sudah pernah menyampaikan aspirasi tersebut melalui Musrenbang tapi hingga saat ini tidak ada jawaban. Tahun lalu pun Pemerintah meng-aspal Kampung Naena Muktipura hanya saja aspalnya tidak merata.

“Kami di sini juga selalu berkonflik terkait batas Wilayah antara SP 5 dan SP 6, mungkin Pemerintah bisa menjadi penengah untuk permasalahan kami di sini,” tuturnya.

Sementara itu, Warga RT 14 Daru Cahyono mengatakan, warga Kampung sangat sulit untuk beribadah dikarenakan rumah Ibadah umat Muslim belum selesai dibangun dan untuk umat Nasrani sama sekali belum mempunyai Gereja.

“Saya harap Dewan bisa memberikan komitmen kepada warga sehingga kita bisa  percaya untuk mendukung Bapak. Mungkin Bapak bisa beri ‘tanda mata’ untuk kami dengan membangunkan Rumah Ibadah,” harapnya.

Menjawab semua usulan warga tersebut, Amandus mengatakan bahwa untuk masalah Petani ia akan membuatkan koperasi sehingga warga bisa mengelola pembelian pupuk. Kemudian untuk batas wilayah yang menjadi konflik, dirinya akan langsung berbicara kepada Dinas terkait untuk menjadi penengah dan menentukan batas wilayahnya.

“Untuk akses jalan ke ladang langsung saya jawab secepatnya akan dikirimkan 50 Rit pasir untuk penimbunan akses jalan,” ungkapnya.

Amandus menambahkan bahwa sebelum Reses ia telah berkunjung ke SP 6 dan sudah melihat lokasi pembangunan Masjid sehingga dirinya akan membantu pembangunan Masjid dengan memberikan semen.

“Saya akan membantu sebisa mungkin untuk pembangunan Masjid. Untuk ‘tanda mata’ saya bagi Warga SP 6, terkait Gereja akan saya dorong di tahun selanjutnya,” tutupnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy