SALAM PAPUA (TIMIKA) - Sebagai upaya mencegah terjadinya peningkatan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD), Kelurahan Kamoro Jaya, Distrik Wania, Kabupaten Mimika menggelar kerja bakti bersama membersihkan lingkungan, pada Sabtu (29/7/2023).

Kepala Kelurahan Kamoro Jaya, Musdalifah mengatakan, Distrik Wania merupakan salah satu Daerah yang memiliki tingkat kasus DBD yang tinggi. Itulah sebabnya masyarakat sigap melakukan kegiatan kerja bakti.

“Dari data Dinas Kesehatan Mimika wilayah SP 1 memiliki tingkat kasus DBD yang tinggi. Untuk mencegah DBD di lingkungan kami makin tinggi maka kita lakukan kerja bakti ini,” ujarnya.

Musdalifah menjelaskan, kebanyakan masyarakat di SP 1 hanya membersihkann lingkungan rumahnya saja sedangkan lingkungan kompleks tidak diperhatikan.

“Kami ajak semuanya untuk melihat seluruh lingkungan, kadang-kadang warga ini hanya lihat (membersihkan) depan mereka punya rumah saja. Kalau tidak diajak seperti ini, lingkungan dibiarkan begitu saja, banyak tempat dibiarkan menjadi sarang penyakit,” jelasnya.

Dia pun berharap dengan mengajak membersihkan lingkungan dapat menumbuhkan kesadaran warga terkait kesehatan bersama, dan juga menekan tingkat kasus DBD dan Malaria di wilayahnya.

“Ini akan kita lakukan 2 kali sebulan, sehingga menekan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang tidak sehat,” tutupnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy