SALAM PAPUA (TIMIKA) - Pesawat Caravan PK-SNO Serial No. 208B2375 yang digunakan PT Smart Cakrawala Aviation yang berangkat dari Timika ditembak orang tidak dikenal (OTK) saat telah mendarat di Bandara Pogapa Distrik Homeyo, Kabupaten Intan Jaya, sekitar pukul 08.26 WIT, Selasa (18/7/2023).

Kapolres Nabire, AKBP I Ketut Suarnaya melalui rilis Humas Polda Papua menjelaskan bahwa pesawat yang diawaki Pilot M. Farhan F dan Co-Pilot Wahyu tersebut ditembak saat telah mendarat dan mengenai empat titik dada sayap kiri pesawat.

“Perlu diketahui bahwa tidak ada korban jiwa atau luka-luka dalam kejadian ini, dan tim olah TKP tidak menemukan proyektil peluru yang diduga ditembakan ke badan pesawat,” ungkap AKBP I Ketut.

AKBP I Ketut mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpancing oleh isu-isu yang dapat menimbulkan kepanikan sehingga terjaga situasi yang aman dan damai selama proses penyelidikan berlangsung.

Sedangkan Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo menjelaskan bahwa Tim Reserse Kriminal Polres Nabire bekerja sama dengan Smart Aviation langsung melakukan olah TKP yang dipimpin oleh Kaur Identifikasi, Anggota Sat Reskrim Polres Nabire, dan Anggota Polsubsektor Kawasan Bandara Nabire.

“Tim tersebut berhasil menemukan empat lubang pada sayap kiri pesawat Caravan PK-SNO Serial No. 208B2375 yang diduga disebabkan oleh dua proyektil peluru yang menembus pesawat tersebut,” ucapnya.

Wartawan : Acik

Editor : Jimmy