SALAM PAPUA (TIMIKA) - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak & Keswan) Kabupaten Mimika, Papua Tengah, telah memberikan bantuan bibit ternak babi kepada 50 Kepala Keluarga (KK) peternak Orang Asli Papua (OAP) menggunakan Dana Otonomi Khusus (Otsus) tahun 2023.

“Untuk tahun ini bantuan ternak diprogramkan untuk 100 KK yang telah terdaftar, hanya saja sampai di bulan ini kami baru membagikan bibit ternak babi kepada 50 KK, masing-masing KK mendapatkan satu pasang bibit,“ ujar Kadisnak & Keswan Mimika, drh. Sabelina Fitriani kepada salampapua.com melalui sambungan telepon, Rabu (23/8/2023).

Sabelina mengatakan, bukan hanya bibit ternak babi, namun dari dana Otsus ini juga memberikan bantuan bibit ternak ayam kampung kepada 44 KK, serta bantuan pakan ternak babi dan ayam potong.

“Nah kalau jumlah penerimanya pakan babi itu untuk 200 KK sedangkan untuk pakan ayam potong untuk 10 KK peternak,” tuturnya.

Dia menambahkan, untuk bantuan yang belum dibagikan akan diberikan pada awal bulan September 2023.

“Jadi untuk bantuan bibit ayam kampung dan pakan ternak akan kami salurkan di awal bulan September ini, karena nama-nama semua sudah ada, semua nama penerima berasal dari hasil indentifikasi petugas di lapangan yang telah mengecek kesiapan para peternak,” tutupnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy