SALAM PAPUA (TIMIKA) - Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) dalam rangkat menyambut HUT RI ke-78 menggelar lomba Lari Marathon, pada Kamis (10/8/2023).

Lomba dibagi dalam 3 kategori yakni SD/SMP, SMA/SMK, dan Umum, dengan jumlah peserta lebih dari 1000 orang.

Untuk kategori Umum 21 Km dimenangkan oleh perwakilan dari Kostrad Makassar, Pratu La Ode Syafruddin, yang meraih hadiah Juara 1 sebesar Rp 19 juta.

La Ode yang juga merupakan atlit asal Makassar ini mengatakan, dirinya langsung terbang dari Makassar untuk mengikuti lomba Marathon di Timika, setelah mengetahui dari Kesatuannya terkait lomba yang terbuka untuk umum tersebut.

“Dari Kesatuan yang memberitahu saya, karena lomba dibuka untuk umum, ya saya langsung terbang ke Timika,” ujarnya usai memenangkan lomba.

Ia mengungkapkan bahwa dirinya mengikuti lomba ini sebagai persiapannya mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI. Sudah 4 tahun dia terus berlatih dan mengikuti lomba-lomba Marathon.

“Ya ini juga untuk persiapan PON XXI nantinya. Kalau hanya latihan biasa tidak bertanding kurang memacu, kalau mengikuti lomba ada pacuannya untuk mengukur kemenangan,” ungkapnya.

Dia menambahkan, untuk Half Marathon harus dibutuhkan persiapan yang sangat matang, tidak hanya berlatih 1 atau 2 bulan saja.

“Persiapan Half Marathon harus disiapkan dengan matang, contoh 3 bulan sebelum lomba sudah mulai latihan bertahap dari minggu ke minggu. Misalnya minggu pertama 30 km, maka minggu seterusnya ditambahkan lagi jaraknya,” tutupnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy