SALAM PAPUA (TIMIKA) – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak dan Keswan) Kabupaten Mimika mempromosikan telur ayam produksi lokal Timika ke Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

Kepala Disnak dan Keswan Mimika, drh. Sabelina Fitriani,M.Si mengatakan bahwa kunjungan sekaligus mempromosikan telur ayam lokal Timika ke Wamena tersebut dilakukan bersama staf pengurus Himpunan Peternak Unggas Kabupaten Mimika (HIPUKAMI) beserta Anggota Komisi B DPRD Mimika.

Dia mengungkapkan bahwa Kepala Disperindag Kabupaten Jayawijaya Lukas W. Kossay mengakui telur ayam yang dipasok dari Timika merupakan telur ayam yang segar dan ketersediaannya di kota Wamena dapat mencukupi kebutuhan masyarakat.

“Kepala Disperindag Kota Wamena menyambut kedatangan kami dengan sukacita. Beliau sangat mendukung telur ayam lokal Timika masuk ke Wamena. Beliau menyampaikan bahwa telur yang beredar di kota Wamena adalah telur-telur dari Timika, Jayapura dan Surabaya, tetapi telur lokal Timika sekitar 60% selebihnya dari Jayapura,” ungkap Sabelina, Rabu (13/9/2023).

Lebih lanjut dijelaskan bahwa yang dikeluhkan adalah persoalan ongkos kirim (Ongkir) melalui transportasi udara dari Timika yang mahal dan jauh lebih murah Ongkir dari Jayapura. Selain itu penerbangan dari Timika hanya 3 kali dalam seminggu.

Untuk itu Dia berharap agar jadwal penebangan dari Timika ke Wamena dapat dilakukan setiap hari agar pasokan telur ayam dari Timika bisa lebih banyak.

“Saat ini penerbangan cargo dari Jayapura ke Wamena setiap hari sehingga khusus untuk Sembako dan telur ayam dari Jayapura pengirimannya lebih banyak masuk ke Wamena,” katanya.

Dia menambahkan, selain ke Disperindag Wamena, telur ayam lokal Timika juga dipromosikan ke RSUD Jayawijaya. Sementara itu menurut dia, Kepala Tata Usaha RSUD Wamena Nico Mita juga sangat bersyukur atas kunjungan tim dari Disnak dan Keswan Mimika. Pasokan telur ayam asal Timika dinilai dapat memenuhi ketersediaan telur bagi semua pasien di rumah sakit sehingga gizi pasien bisa terjamin.

Wartawan : Acik

Editor : Jimmy