SALAM PAPUA (TIMIKA) - Dua warga sipil atas nama Regina Bitdana (50) dan Jonas Kalakmabin (35) ditembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) saat berada di dalam rumahnya di Kampung Okpol, Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua Pegunungan.

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz 2023, AKBP Dr. Bayu Suseno dalam rilisnya, Selasa pagi (19/9/2023), menyampaikan bahwa peristiwa ini terjadi sekira pukul 17.00 WIT tanggal 18 September 2023.

Awalnya sekitar pukul 16.00 WIT kedua Korban sementara berada di tempat kedukaan yang berlokasi di depan Pasar Lama Jalan Mabilabol Distrik Oksibil. Kemudian pukul 16.45 WIT kedua korban kembali ke rumah di jalan Okpol (Belakang Guest House). Sesampainya di rumah korban dan sementara berada di dapur untuk menyiapkan makan malam, tiba-tiba terdengar suara tembakan dan mengenai kedua korban.

"Akibat dari penembakan itu, saudara Regina Bitdana mengalami luka tembak pada pergelangan kaki sebelah kiri, sedangkan saudara Jonas Kalakmabim mengalami luka tembak pada mata kaki sebelah kiri," ungkapnya.

Aparat gabungan langsung merespon peristiwa tersebut dan mengevakuasi dua korban ke RSUD Oksibil. Aparat melakukan pengejaran terhadap para pelaku yang diduga telah kabur dari lokasi kejadian.

“Saat ini dua korban telah berada di RSUD Oksibil untuk dilakukan penanganan medis,” ujarnya.

Sebelum penembakan terhadap dua korban, KKB juga melakukan pembakaran sejumlah kios milik warga yang menyebabkan warga panik. Namun hingga saat ini situasi kembali kondusif dan masyarakat dapat beraktivitas kembali.

Wartawan : Acik

Editor : Jimmy