SALAM PAPUA (TIMIKA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melalui Dinas Ketahanan Pangan menyalurkan bantuan dari pemerintah pusat berupa ribuan ton beras Canang Pangan Pemerintah (CPP) bagi masyarakat di 18 Distrik.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mimika, Yulius Koga menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan penyaluran tahap kedua bagi masyarakat dengan kategori tidak mampu, yaitu 10 kg beras per kepala keluarga (KK). Distribusi dilakukan melalui pihak ketiga kepada pemerintah Distrik dan langsung diserahkan ke masing-masing KK penerima bantuan sesuai data.

“Hari ini kita launching penyaluran tahap kedua. Beras CPP ini bantuan dari pusat yang bekerjasama dengan Bulok. Tahap pertama yaitu Juni, Juli dan Agustus sudah disalurkan. Ini tahap kedua untuk September, Oktober dan November ,” ungkap Yulius di Kantor Distrik Mimika Baru, Kamis (21/9/2023).

Jumlah KK penerima bantuan di setiap distrik disesuaikan dengan data Kementerian Sosial (Kemensos), dimana untuk penerima tahap pertama sebanyak 117.000 ribu penerima dan tahap kedua sedikit berkurang.

Sementara itu Kepala Bulog Mimika, Riyadi Muslim menjelaskan bahwa di setiap tahap disalurkan bagi 15.650 Penerima Bantuan Pangan (PBP) sebanyak 10 kg per kepala keluarga.

“Ini tahap kedua dan sudah mulai disalurkan ke semua Distrik,” tegasnya.

Wartawan : Acik

Editor : Jimmy