SALAM PAPUA (TIMIKA) - Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Mimika menggelar sosialisasi bahaya dan penyalahgunaan Narkoba, Seks Bebas serta HIV/AIDS bagi kalangan pemuda khususnya Orang Asli Papua (OAP), yang dilaksanakan di Hotel Cartenz Timika, tanggal 5-7 Oktober 2023.

Kegiatan ini sebagai upaya untuk meningkatkan daya tangkal pemuda dari ancaman bahaya narkoba, seks bebas dan penyakit penyertanya seperti HIV-AIDS dan penyakit menular seksual.

Sosialisasi yang diikuti 200 pemuda dan pemudi dari Kepemudaan Karang Taruna Kelurahan ini mengajak narasumber dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Mimika, Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Kejaksaan Kabupaten Mimika dan Pemuda Inspiratif Kabupaten Mimika.

Kepala Disparbudpora, Jacob Jantje Toisuta menggatakan digelarnya kegiatan seperti ini adalah untuk memberikan pemahaman yang luas kepada kaum muda tentang bahaya narkoba dan HIV/AIDS, serta bagaimana pencegahannya.

“Narkoba itu sangat merusak masa depan mereka. Dengan adanya sosialisasi ini mereka bisa mendapatkan pencerahan bahwa narkoba itu konsekuensi negatifnya sangat besar terhadap diri mereka maupun keluarga dan juga masuk ke ranah hukum,” ujarnya.

Dia berharap usai mengikuti sosialisasi ini, para pemuda dan pemudi dapat menghindari penggunaan narkoba dan juga sex bebas.

“Saya juga berharap peserta usai mengikuti sosialisasi ini bisa menebar informasi bahaya narkoba dan HIV/AIDS di kalangan keluarga dan masyarakat secara luas,” harapnya.

Sementara peserta dari Karang Taruna Kwamki Baru, Zedek menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah yang telah mengundangnya mengikuti sosialisasi tersebut, yang menurutnya dapat memberikan pengetahuan yang baik bagi kalangan pemuda dan pemudi.

“Sosialisasi ini perlu kita ikuti untuk menambah pengetahuan kami. Saya juga berharap Pemerintah bisa sering menggelar kegiatan-kegiatan yang bisa menjadi pembelajaran bagi kami pemuda OAP,” ujarnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy