SALAM PAPUA (TIMIKA) - Warga Timika meminta agar Pemerintah Kabupaten Mimika membangun lampu penerangan jalan dan penambahan rambu mata kucing di jalan ke arah Mapurjaya hingga ke pelabuhan Poumako.

Arka Mirip yang merupakan warga Kilometer 8 Timika kepada salampapua.com mengatakan, lampu jalan dan rambu mata kucing sangat bermanfaat untuk menghindari kecelakaan lalulintas. Namun  menurut dia, untuk lampu jalan dari arah Timika ke Mapurjaya bisa dihitung jumlahnya atau sangat sedikit dan hanya dipasang di titik-titik tertentu. Demikian juga dengan rambu jalan khususnya mata kucing.

"Jalan dari kota Timika ke Poumako itu jalan utama yang harusnya diperhatikan khusus. Rambu jalan harus diperbanyak, terutama lampu penerangan jalan itu harusnya dipasang di sepanjang jalan supaya mengurangi kecelakaan lalulintas," ungkap Arka, Rabu (25/10/2023).

Hal yang sama juga dikeluhkan Alfian Liu. Pria yang berprofesi sebagai pengemudi truk bongkar muat barang di Pelabuhan Poumako ini mengaku bahwa selain sempit, kondisi jalan dari Poumako hingga ke kota Timika sangat gelap saat malam hari.

"Harusnya lampu jalan itu diperbanyak supaya tidak terjadi kecelakaan," ujarnya.

Menurut dia, kecelakaan terjadi bukan hanya persoalan bertabrakan antara kendaraan, tapi yang juga harus diwaspadai ialah warga pejalan kaki. Karena itu diharapkan Pemkab Mimika melalui Dinas terkait agar menambah penerangan jalan termasuk rambu yang bisa membantu penunjuk jalan saat malam hari.

"Kalau melintas di Mapurjaya kita harus hati-hati karena banyak yang jalan saat malam hari. Biasanya warga menyeberang secara tiba-tiba, itu yang terkadang terjadi tabrakan. Belum lagi banyak orang-orang mabuk yang berkeliaran," tuturnya.

Penulis : Acik

Editor : Jimmy