SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mimika, Reynold Rizal Ubra mengatakan bahwa untuk mencegah HIV/AIDS di Mimika pihaknya telah bekerjasama dengan tim dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Biak.

“Ini sudah jadi kesepakatan kita kemarin, kita libatkan tim kesehatan Pelabuhan karena kita tahu perpindahan penyakit juga bisa dibawa dari wilayah satu ke wilayah lainnya,” ujarnya, Rabu (1/11/2023).

Namun Reynold menjelaskan pemeriksaan di Pelabuhan tersebut bukan untuk menakut-nakuti masyarakat. Sebab perlu diketahui HIV ini ditularkan melalui hubungan beresiko yang menyimpang atau hubungan yang tidak sehat.

“Dari data ada kelompok-kelompok yang rentan tertular HIV jadi kita jangkau semua lingkup termasuk Pelabuhan, sehingga ketika ada yang terkena HIV kami Dinkes langsung investigasi keseluruhan kepada pasien, telah melakukan kontak pada siapa saja,” ungkapnya.

Pihaknya selalu mengikuti petunjuk teknis yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan, salah satunya menggunakan deteksi pelacak suhu untuk kewaspadaan pencegahan dini.

“Kalau gejala awalnya itukan seperti terkena penyakit tropis saja seperti demam kemudian timbul kemerahan, sehingga kami menggunakan pendeteksi suhu pada setiap Fasilitas Kesehatan (Faskes), namun ini hanya kewaspadaan awal kami, tetapi pemeriksaan diagnosa laboratorium yang pasti dilakukan untuk menentukan seseorang terkena HIV,” jelasnya.

Dia pun mengajak seluruh masyarakat Mimika untuk hidup sehat dan yang utama tidak melakukan hubungan seks yang beresiko.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy