SALAM PAPUA (TIMIKA) - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto hari ini, Jumat (10/11/2023), datang ke Timika untuk meresmikan Rumah Sakit kelas IV Kodam XVII Cenderawasih di Jalan Agimuga, Mile 32 Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah.

Dalam sambutannya, Prabowo mengungkapkan bahwa RS ini dibangun untuk kebutuhan pelayanan kepada masyarakat. Sebab TNI adalah tentara rakyat, berarti semua fasilitas milik TNI sewaktu-waktu akan dipergunakan untuk kepentingan masyarakat.

"Saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang mendukung sehingga RS ini bisa dibangun dalam waktu yang sangat singkat, baik dari jajaran Kemenhan, Kesdam, Panglima Kodam serta semuanya," ungkap Ketua Umum Partai Gerindra ini.

Prabowo juga secara khusus menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada masyarakat suku Kamoro yang telah menghibahkan tanah bagi kepentingan pembangunan RS oleh pemerintah RI.

Menurut Dia, berpuluh-puluh tahun suku Kamoro sangat setia kepada negara kesatuan republik Indonesia (NKRI).

"Setianya orang suku Kamoro terhadap NKRI bukan hanya di mulut, tapi memang dari hati sehingga rela menyumbang ribuan hektar tanah untuk bisa dibangun RS ini. Jadi RS ini berdiri di atas tanah suku Kamoro," ungkapnya.

Sebelum meresmikan, Prabowo juga memantau langsung bagian dalam RS dan menilai sangat bagus. Ke depannya akan terus melengkapi sarana dan prasarana yang tergolong modern demi pemenuhan pelayanan masyarakat di Mimika.

"RS ini bukan hanya melayani TNI, tapi seluruh masyarakat bisa berobat di sini," tuturnya.

Penulis : Acik

Editor : Jimmy