SALAM PAPUA (TIMIKA) - Warga pengguna Jalan dan warga sekitar Jalan Mapurjaya, Distrik Mimika Timur, mengeluhkan kondisi jalan yang rusak dan berlubang.

Dari pantauan salampapua.com ada sekitar sepuluh titik lubang di sepanjang Jalan Mapurjaya, dan sebagian besar lubang tersebut berada di tengah jalan besar.

Pengendara tampak selalu menghindar dari lubang tersebut dengan melintas di pinggir jalan bahkan di jalur sebelahnya. Warga pun menyebut bahwa kondisi jalan berlubang ini makin parah dalam 4 bulan terakhir.

“Rusaknya jalan itu dari lubang kecil tapi yang lewat kan kontainer-kontainer, truk-truk besar jadi makin lama makin besar,” ujar Andri warga sekitar Jalan Mapurjaya, Sabtu (4/11/2023).

Ia mengungkapkan, jalan yang rusak tersebut kerap membuat beberapa pengendara motor jatuh dan ban motornya pecah. Dia berharap agar Pemerintah Daerah melalui dinas terkait agar tidak hanya menambal lubang tersebut, sebab jalan yang rusak itu kebanyakan di titik-titik bekas tambalan.

“Minggu lalu saja ada tiga motor jatuh karena lubangnya dalam dan ban motornya pecah, padahal lubang itu bekas tambalan. Mungkin sebaiknya diperbaiki saja beberapa meter, jangan ditambal-tambal,” ungkapnya.

Sementara itu salah satu pengguna jalan, Yakoba Ilimiga mengaku cemas saat melintas di Jalan Mapurjaya tersebut.

Menurutnya bahkan lebih berbahaya saat musim hujan karena kedalaman lubang tidak terlihat, karena genangan air.

“Saya sering pergi-pulang ke Poumako selalu lewat jalan ini, kita hati-hati saja jalan, saya juga pernah kena jalan lubang itu. Saya berharap pemerintah bisa perbaiki jalan ini, ini juga kan akses utama menuju ke pelabuhan, kalau dibiarkan nanti makin rusak,” harapnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy