SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Mimika, Reynold Rizal Ubra mengungkapkan bahwa dirinya telah meminta kepada pihak BPJS untuk pengguna kartu BPJS dapat digunakan di semua Fasilitas Kesehatan (Faskes) yang bekerjasama dengan BPJS.

“Pada bulan September lalu saat pertemuan evaluasi BPJS pada 5 Provinsi yang ada di Papua. Saya sendiri yang meminta kepada pihak BPJS untuk penggunaan kartu BPJS seharusnya seperti kartu ATM jangan seperti sekarang, harus berobat di tempat Faskesnya terdaftar. Kita bayar tapi malah menyusahkan,” ujarnya kepada salampapua.com, Jumat (1/12/2023).

Menurut Reynold, wacana ini sudah seharusnya disiapkan oleh BPJS, namun yang menjadi persoalan adalah bagaimana mempertemukan antara kebijakan dan juga kebutuhan masyarakat, karena sampai sekarang permintaan tersebut belum dijawab BPJS.

“Memang BPJS kurang sosialisasi, sama seperti kasus-kasus yang tidak tercover, kadang-kadang masyarakat tanya saja bayar, tidak tahu kalau ada beberapa penyakit yang tidak tercover. Inilah yang kita bicarakan bersama BPJS,” ungkapnya.

Dia berharap koordinasi ini dapat berjalan dengan baik dan semua masukan dapat diterima pihak BPJS sehingga masyarakat benar-benar mendapatkan manfaatnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy