SALAM PAPUA (TIMIKA) - Pemerintah Kabupaten Mimika, melepas 177 calon Jamaah Haji Tahun 1445 H/2024 M ke Embarkasi Makassar, yang di laksanakan di Graha Eme Neme Yauware, Sabtu (18/05/2024).

Staf Ahli Bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan Setda Mimika, Innosensius Yoga Pribadi dalam sambutan Bupati Mimika mengatakan, para calon Jamaah Haji ini akan melaksanakan Rukun Islam yang kelima yaitu menunaikan Ibadah Haji. Sehingga dalam menunaikan ibadah, para calon Jamaah Haji ini bukan hanya membawa diri, namun secara langsung jamaah juga membawa nama baik daerah ini.

Diharapkan kepada semua calon Jamaah Haji untuk selalu menaati berbagai peraturan yang ada, selalu tertib dan juga khidmat dalam melaksanakan tuntunan ibadah.

“Kami berharap semua calon Jamaah Haji dari Mimika dapat melaksanakan rangkaian pelaksanaan Ibadah Haji dengan baik, serta nantinya dapat kembali ke tanah air dalam keadaan sehat wal’afiat,” ujarnya.

Ia juga meminta kepada calon Jamaah Haji untuk meluruskan niat dan melaksanakan dengan baik seluruh rangkaian Ibadah Haji, dengan tetap mengikuti petunjuk pembimbing.

“Yakin di dalam hati bahwa Ibadah Haji yang dilakukan semata-mata untuk meraih ridho dan rahmat dari Allah, agar menjadi haji yang mabrur dan mabruroh” harapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Mimika, Lukas Yasi dalam sambutannya mengatakan, ini adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu umat muslim dalam menunaikan ibadah hajinya di tanah suci Mekah.

Sesuai dengan UU Nomor 8 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah, Kementerian Agama memberikan pembinaan, perlindungan jamaah haji dan jamaah umroh.

“Moment ini merupakan moment yang ditunggu-tunggu semua umat Muslim, maka diharapkan semua jamaah haji dapat melakukan ibadahnya dengan khusuk dan jangan lupa jaga kekompakan dan saling membantu di sana nantinya,” ujarnya.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi