SALAM PAPUA (NABIRE) - Penjabat Gubernur Papua Papua Tengah, Dr. Ribka Haluk,S.Sos,M.M melantik Dr. Martha Pigome,S.H,M.Hum sebagai Penjabat Bupati Paniai menggantikan Denci Meri Nawipa,SIP, berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri RI nomor 100.2.1.3-1119 Tahun 2024 tentang pemberhentian dan pengangkatan Penjabat Bupati Paniai, Provinsi Papua Tengah.  

Pelantikan tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Gubernur Provinsi Papua Tengah, Nabire, Senin sore (27/5/2024).

Pj Gubernur Provinsi Papua Tengah, Ribka Haluk menyampaikan agar Pj Bupati yang dilantik dapat membangun sinergitas dan konsolidasi dengan Forkopimda, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan dan TNI-Polri dalam menjaga stabilitas keamanan di Kabupaten Paniai.

“Paniai ini adalah daerah Injil dan merupakan Kabupaten yang melahirkan banyak Kabupaten di Papua Tengah. Dahulu daerah ini sangat aman, indah dan sejuk, sehingga saya harapkan kepada Pj Bupati Paniai yang baru dilantik agar mengembalikan daerah ini aman dan damai. Seluruh stakeholder harus bersatu untuk membangun kota Paniai,” pungkasnya.

Ribka juga mengingatkan Pj Bupati Paniai tentang tugas utamanya yakni melaksanakan Pilkada Tahun 2024 dan memastikan kesiapan dukungan anggaran bagi penyelenggara dalam hal ini KPUD, Bawaslu dan TNI-Polri.

“Perlu kami ingatkan kepada Pj Bupati Paniai harus mampu menjaga netralitas ASN. Tidak boleh ada yang melakukan politik praktis,” tegasnya.

Ia juga menyampaikan seorang Pj Bupati harus melakukan program kegiatan yang berdampak langsung terhadap peningkatan kesejahteraan dan pengentasan kemiskinan serta kemiskinan ekstrem. Lalu melaksanakan program prioritas pembangunan nasional lainnya.

“Harus memastikan pelaksanaan percepatan penurunan stanting 14 persen tahun 2024, pengentasan kemiskinan esktrim dan kemiskinan dengan target 0 persen tahun 2024, serta penanganan tingkat pengangguran dan pengendalian inflasi,” jelasnya.

Untuk diketahui Dr. Martha Pigome,S.H,M.Hum sebelumnya merupakan Sekretaris DPRD Provinsi Papua Tengah. Sementara Denci Meri Nawipa,SIP kini kembali ke jabatan lamanya yakni Sekretaris Daerah Kabupaten Paniai.

Editor: Jimmy