SALAM PAPUA (TIMIKA) – Tiga orang anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Intan Jaya berhasil ditembak pasukan TNI-Polri dalam penyerangan yang terjadi pada 21 Januari 2024.

Tiga anggota KKB yang ditembak aparat gabungan TNI-Polri itu adalah bagian dari kelompok Yoswa Maisani yang merupakan kelompok yang dipimpin oleh Guspi Waker.

Kaops Damai Cartenz-202, Kombes Pol Dr. Faizal Ramadhani menjelaskan bahwa Yoswa Maisani adalah komandan lapangan yang memimpin kelompok tersebut, dan kelompok ini dikenal melakukan banyak aksi yang telah menyebabkan korban di antara aparat keamanan dan masyarakat sipil.

Sementara Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024, AKBP Dr. Bayu Suseno menjelaskan bahwa informasi terkait KKB yang terkena tembakan diperoleh dari informan dalam kelompok Yoswa Maisani.

"Ya benar sekali, informan kami memberi kabar bahwa terdapat 3 KKB yang terkena tembakan, ada yang terkena di dada dan kaki. Tiga KKB itu ialah Oni Kobagau, Jaringan Belau, dan Agustia," ujar Bayu.

Disampaikan juga bahwa penyerangan oleh KKB terhadap Pos TNI dan Polri di Sugapa Intan Jaya pada 21 Januari bukan hanya menewaskan Briptu Anumerta Alfando Steve Karamoy, tapi juga ada satu warga sipil atas nama Yusak Sondegau yang terkena tembakan dan meninggal dunia.

“Satgas Damai Cartenz akan terus melakukan pengejaran dan penyidikan terhadap KKB yang terlibat dalam penyerangan tersebut yang menyebabkan gugurnya seorang personel Polri dan seorang warga sipil,” tuturnya.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy