SALAM PAPUA (TIMIKA) – Anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Alenus Tabuni alias Kobuter yang ditangkap aparat keamanan di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, pada 18 Februari 2024 diboyong ke Timika sekira pukul 06.00 WIT, Kamis (22/2/2024), untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Kepala Satuan Tugas Humas Operasi Damai Cartenz-2024, AKBP Dr. Bayu Suseno mengungkapkan bahwa Alenus Tabuni alias Kobuter merupakan anak buah Goliath Tabuni berhasil ditangkap di depan Puskesmas Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak.

"Tersangka Alenus Tabuni alias Kobuter telah dipindahkan dari Ilaga ke Mimika menggunakan pesawat Caravan PK-NGA. Tersangka tiba pukul 08.15 WIT dan dikawal oleh personel Sat Reskrim Polres Puncak dipimpin Kasat Reskrim Puncak Iptu Nur Kholis," ungkap AKBP Bayu.

AKBP Bayu menjelaskan bahwa proses pemeriksaan intensif yang saat ini tengah dilakukan oleh personel Satgas Gakkum Unit Investigasi Ops Damai Cartenz di Timika untuk mengungkap sejumlah catatan kriminal yang telah dilakukan oleh Alenus Tabuni.

“Hal ini dilakukan dalam rangka mempertanggungjawabkan perbuatannya di hadapan hukum serta memberikan rasa keadilan bagi para korban,” jelasnya.

Dia menambahkan, pemeriksaan intensif terhadap Alenus Tabuni merupakan langkah serius dari aparat keamanan untuk mengungkap dan mempertanggungjawabkan aksi kriminal yang telah dilakukan.

“Hal ini sejalan dengan komitmen Ops Damai Cartenz-2024 dalam menegakkan hukum dan menciptakan keamanan di wilayah Papua,” tegasnya.

Dia pun mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan percaya pada upaya aparat keamanan dalam menanggulangi kegiatan kriminal KKB. Dukungan dan kerjasama dari masyarakat sangat dihargai untuk menciptakan lingkungan yang aman dan damai di Papua.

"Polri melalui Ops Damai Cartenz-2024 akan terus bekerja keras dalam mengusut tuntas tindakan kriminal yang dilakukan oleh KKB. Kami mengajak masyarakat untuk bersama-sama mendukung upaya penegakkan hukum demi keamanan dan kesejahteraan bersama," tutupnya.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy