Andre Rorimpandey, Pebasket Binaan NSH Mountain Gold Timika yang Pernah Berlatih di Amerika Serikat

Bagikan Bagikan

Andre Rorimpandey (Foto:SAPA/Yosefina)

SAPA (TIMIKA) - Andre Rorimpandey pebasket binaan Club NSH Mountain Gold Timika mengaku merasa bangga selama terjun ke dunia olah raga basket, karena ia pernah mendapat kesempatan berlatih basket di Sacramento, California, Amerika Serikat pada tahun 2013 lalu.

Hal ini diungkapkan Andre kepada Salam Papua di Waanal Coffee and Resto di Jalan Cenderawasih, SP3, Timika, Rabu (9/7/2021) lalu.

Pebasket kelahiran Jakarta 23 September 1996 yang sudah menyelesaikan pendidikan jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas 17 Agustus Jakarta pada tahun ini, mengatakan bahwa kesempatan tersebut merupakan anugerah yang luar biasa.

Ia menceritakan, awal mula bisa berlatih di Amerika itu ketika menjuarai Developmental Basketball League (DBL) tingkat SMA di Manado, Sulawesi Utara. Kemudian mengikuti seleksi DBL ke Surabaya, lalu dipilih menjadi pemain inti untuk berangkat ke Sakramento, California, Amerika Serikat.

“Kami berlatih di Sakramento, California, sekitar seminggu dan kesempatan ini sangat luar biasa. Kita berlatih keras, kedisiplinan itu yang utama dan pelatih selalu menekankan push yourself,” kata Andre.

Andre yang sudah yatim-piatu sejak kelas 5 SD ini mengaku telah terjun ke dunia olahraga basket sejak duduk di kelas V SD Negeri Bitung, Sulawesi Utara.

Selama menjalani masa pendidikan SD hingga SMA di Manado, ia telah mengikuti banyak kejuaraan hingga akhirnya masuk menjadi pemain binaan Club NSH pada 7 tahun lalu. Kini NSH sudah bergabung dengan Club Mountain Gold Timika sehingga namanya menjadi NSH Mountain Gold Timika.

“Selama masa sekolah saya ikut kompetisi kejuaraan boxill, pomnas dan DBL,” ujar pria yang menamatkan pendidikan SMA di SMA Katolik Santo Don Bosco Bitung ini.

Andre, yang dalam dalam NSH Mountain Gold Timika ketika bertanding memiliki posisi pada point guard dan shooting guard ini, dalam belakangan ini berturut-turut ikut bertanding dalam liga IBL yang merupakan liga profesional.

Menjadi kebanggaan baginya dalam liga bergengsi ini, clubnya masuk semi final, bahkan beberapa pemain dari NSH Mountain Gold Timika mendapat beberapa nominasi seperti pemain terbaik dan lainnya.

“Club NSH Mountai Gold Timika bisa masuk semifinal dan beberapa pemain juga masuk dalam nominasi-nominasi seperti pemain terbaik. Itu hal membanggakan buat saya,” ungkapnya.

Dia sangat bersyukur bisa mengembangkan karirnya di dunia basket karena selain menggemari olahraga ini, iapun mendapat berbagai keuntungan.

“Kita dikasih tempat tinggal, penghasilan setiap bulan, kuliah gratis, makan minum kita dijamin, yang penting kita melakukan kewajiban tetap latihan dan melakukan yang terbaik,” ujarnya.

Saat ini Andre berada di Timika untuk berlibur, ia mengaku menyenangkan berada di Timika. 

“Saya sudah sekitar sebulan di  Timika, ternyata menyenangkan dan saya betah di sini,” katanya sambil tersenyum.

Selama di Timika, ia ikut berlatih bersama sejumlah club basket lokal di Lapangan Perbasi dan Lapangan Basket di Mimika Sport Complec (MSC).

Menurut dia, banyak pebasket di Timika yang  yang berbakat sehingga butuh wadah yang bisa membentuk mereka menjadi pebasket yang sukses.

“Mereka di sini butuh wadah yang benar-benar bisa membentuk mereka agar bisa menjadi pebasket sukses di tingkat nasional bahkan internasional,” ucapnya. (YOSEFINA)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar