RSUD Wamena: Saat Ini Pasien COVID-19 Lebih Lama Sembuh

Bagikan Bagikan

Pemeriksaan COVID-19 di Bandara Jayawijaya. (Foto-Antara)

SAPA (WAMENA)
- Direktur RSUD Wamena , Jayawijaya, Papua, dokter Felly Sahureka mengatakan, laporan medis mengungkap bahwa saat ini pasien COVID-19 mempunyai tingkat kesembuhan agak lama dibandingkan dengan pasien yang dirawat beberapa bulan lalu. 

Sebelumnya pasien COVID yang dirawat di RSUD Wamena bisa sembuh setelah satu minggu atau 10 hari menjalani perawatan, namun belakangan ini ada pasien yang menjalani perawatan lebih dari tiga minggu baru sembuh. 

"Ada dua kasus yang memang sudah memakan waktu mungkin satu bulan lebih namun masih belum sembuh. Tingkat kesembuhan sampai saat ini rendah," katanya di Wamena, Jumat. 

Ia juga menjelaskan, jumlah pasien COVID-19 di Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua meningkat setiap hari sehingga meningkatkan tingkat keterisian tempat tidur khusus pasien COVID-19. 

"Dalam satu hari tetap saja kasus positif itu semakin bertambah sehingga memang kapasitas tempat tidur yang kita sediakan 91, tetapi saat ini sudah terisi 79, tetapi tadi malam dan tadi pagi ada yang masuk lagi dengan hasil positif sehingga pasti update tempat tidur akan berubah," katanya. 

Felly Sahureka mengatakan beberapa tenaga medis di RSUD juga terpapar sehingga jumlah perawat tidak sebanding dengan pasien COVID yang setiap hari ada. 

"Tenaga terbatas tetapi kami harus melakukan pelayanan walaupun mungkin akhirnya tidak terlalu maksimal karena keterbatasan tenaga dibandingkan jumlah pasien yang harus kami rawat," katanya. 

Ia mengungkap, 79 lebih pasien positif yang dirawat di RSUD per 23 Juli ini belum termasuk warga yang positif antigen setelah menjalani pemeriksaan di IGD setempat. 

"Mereka ini bergejala tetapi hasil PCR belum keluar dalam arti mereka harus dites PCR," katanya. 

Berdasarkan data terakhir tim COVID-19 Kabupaten Jayawijaya per 20 Juli, sebanyak 291 pasien positif COVID yang menjalani perawatan di tiga tempat yang disediakan pemda. Dari kumulatif pasien sebanyak 1.415 orang, tercatat 10 orang diantaranya meninggal dunia. (Antara)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar