SALAM PAPUA (TIMIKA) - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menyelenggarakan rapat Forum Perangkat Daerah (PD) yang membahas tentang rancangan awal Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Kabupaten Mimika Tahun Anggaran 2024, yang dihadiri oleh anggota Komisi B DPRD Mimika, para Pimpinan OPD Kabupaten Mimika, Kepala-Kepala Distrik Kabupaten Mimika dan tamu undangan lainnya.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Paulus Dumais, bertempat di salah satu hotel di Timika, Kamis (30/3/2023).

Paulus dalam sambutan Plt Bupati Mimika Johannes Rettob mengatakan bahwa tahapan, tata cara penyusunan, pengendalian dan evaluasi perencanaan perlu dilaksanakan dengan baik untuk menjamin penyelenggaraan pemerintahan yang demokratis, transparan, akuntabel, efisien dan efektif di bidang perencanaan pembangunan daerah.

“Saya harap seluruh mekanisme dan tahapan penyusunan perencanaan pembangunan bisa berjalan sesuai undang-undang yang melibatkan semua elemen masyarakat untuk menyampaikan usulan pembangunan daerah Kabupaten Mimika,” ujar Plt Bupati dalam sambutannya yang dibacakan.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Mimika Yohana Paliling mengatakan, Forum Perangkat Daerah ini merupakan bagian dari tahapan penyusunan dokumen perencanaan Pemerintah Kabupaten Mimika.

"Forum ini membahas arah pembangunan Kabupaten Mimika sesuai visi-misi daerah serta pemaparan rekapitulasi usulan-usulan Distrik yang telah diverifikasi oleh masing-masing Perangkat Daerah," jelasnya.

Ada tiga fokus yang dibahas dalam Forum Perangkat Daerah ini yakni pendidikan, kesehatan dan peningkatan sumber daya manusia.

“Hasil dari penajaman di Forum ini nantinya akan dibawa ke Musrenbang Kabupaten Mimika. Kita berharap bisa cepat menjalankan program-program yang sudah kita tentukan," tutupnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy