SALAM PAPUA (TIMIKA) –  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mimika mengusulkan anggaran pengadaan 3 unit armada pemadam kebakaran (Firedome Rescue Truck Manufacture) dengan kapasitas 10.000 liter.

Armada pemadam yang diusulkan dilengkapi dengan tangga puluhan meter dan selang sepanjang 150 meter agar dapat menjangkau titik api yang lebih jauh.

“Kita sudah usulkan tahun 2023 ini. Saat ini kita ada enam armada tiap sudah error semuanya, sehingga biaya perawatannya malah lebih besar. Yang saat ini ada berkapasitas 8. 000, 3.000 dan 1.000 liter serta selangnya hanya 20 meter saja,” ungkap Kepala BPBD Mimika, Yosias Lossu saat ditemui salampapua.com, Kamis (6/4/2023).

Yosias mengatakan, saat ini pemukiman warga di Timika semakin padat sehingga menjadi kendala terkait terjadinya keterlambatan dalam upaya pemadaman yang selama ini dilakukan. Sebab semakin padat pemukiman, maka lorong dan gang juga semakin banyak.

“Pemukiman sekarang semakin padat sehingga mobil pemadam sulit untuk menjangkau lebih dekat ke titik kebakaran. Makanya kita usulkan armada baru lagi yang kapasitasnya lebih besar dan fasilitas yang lengkap,” ujarnya.

Pos pemadam kebakaran saat ini ada dua yaitu di wilayah kota dan di SP2. Pihaknya telah mengusulkan untuk pembangunan Pos yang ada di Kilometer 11 Timika.

“Lahan di kilometer 11 sudah ditimbun dan dipagar,” tuturnya.

Wartawan : Acik

Editor : Jimmy