SALAM PAPUA (TIMIKA) – Nagawan Lembaga Masyarakat Adat Suku Amungme (Lemasa), Menuel Jhon Magal menyampaikan apresiasinya kepada Tim Seleksi bakal calon anggota Majelis Rakyat Papua (MRP) Provinsi Papua Tengah, atas proses seleksi yang dilaksanakan dengan jujur dan adil.

“Tim seleksi sangat jujur, adil dan benar sehingga bakal calon dari Amungme dan Kamoro bisa lolos seleksi dan akan ikuti tahap selanjutnya. Saya benar-benar ikuti prosesnya dan Tim ini bekerja dengan tidak mengenal lelah. Jadi saya sangat mengapresiasi proses yang telah dilakukan tim seleksi (MRP) Papua Tengah,” ungkapnya, Selasa (16/5/2023).

Ia mengatakan, apapun hasil seleksi yang telah dilakukan harus diterima dan mendukung khususnya 6 Putra-putri suku Amungme tersebut. Siapa pun yang terpilih adalah putra dan putri terbaik dari Amungme dan Kamoro.

“Saya pikir tidak perlu lagi adanya protes karena enam utusan Amungme itulah yang terbaik. Soal adanya perkumpulan itu tidak masalah jika memang ada legalitasnya dari Kemenkumham. Demikian juga soal lembaga adat tidak menjadi soal, karena yang namanya lembaga adat tentunya punya dasar hukum dan diakui di Konstitusi berdasarkan UUD  1945 pasal 18 b ayat (2) dan UU turunannya. Harus bisa bedakan lembaga dan perkumpulan,” ujarnya.

Lebih lanjut diingatkan bahwa Lemasa merupakan lembaga yang tertua sebelum lembaga lainnya. Dengan demikian, jika ada anak-anak Amungme yang  berupaya untuk memecah belah Lemasa, maka hal tersebut merupakan sebuah penyesatan.

“Anak-anak Amungeme perlu sadar akan hal itu. Kalaupun ada anak Amungeme yang berupaya merubah Lembaga ini menjadi satu perkumpulan, maka itu satu perbuatan yang menghianati suku Amungme, karena forum tertinggi adalah Musdat,” katanya.

Seperti yang pernah diberitakan salampapua.com, sebelum tanggal 15 Mei 2013, penetapan 6 putra dan putri Amungme sebagai bakal calon anggota MRP berdasarkan Keputusan Gubernur Provinsi Papua Tengah Nomor 9 Tahun 2023 dan Keputusan Panitia Pemilihan MRP Provinsi Papua Tengah Nomor 01/KPTS /PAPIL/IV/2023, hanya 6 nama bakal calon dari perwakilan adat dan 6 dari perwakilan perempuan yang akan diusulkan ke Provinsi Papua Tengah.

Adapun nama-nama yang dinyatakan lolos seleksi pada hasil sidang pleno tim seleksi adalah:

Perwakilan Adat: Agustinus Anggaibak, Thomas Mutaweyao, Emelianus Beanal, Frederikus Kemaku, Dianu Omaleng, dan Ronny Nakiaya.

Perwakilan Perempuan: Valentina Kemong, Marsela Tomatipi, Damaris Onawame, Fransiska A Piry, Antina Cenewatme, Ludivika Taniyu.

Wartawan : Acik

Editor : Jimmy