SALAM PAPUA (TIMIKA) - Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) UPT Makassar menggelar kegiatan Vocational School Graduate Academy (VSGA) dalam bentuk Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi, yang dilaksanakan di aula Politeknik Amamapare Timika, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, tanggal 16-20 Mei 2023.

Kegiatan yang dibuka pada hari Selasa (16/5/2023) ini difokuskan pada 2 bidang kompetensi yakni Junior Network Administrator dan Operator Komputer Madya, dengan kuota peserta yang hadir sebanyak 180 orang.

Kepala BPSDMP Kominfo UPT Makassar, Dr. R.M Agung Harimurti,M.Kom saat membuka kegiatan menyampaikan VSGA ini adalah beasiswa digital yang dibiayai langsung dari Pemerintah Pusat untuk mendapatkan sertifikasi yang berlaku secara Nasional dan Internasional.

“Pemerintah saat ini sangat ingin mengembangkan SDM, sehingga dengan adanya pelatihan gratis ini, SDM di Indonesia lebih maju dan bisa bersaing secara global,” ujarnya.

Ia menjelaskan, program beasiswa digital Pemerintah Pusat saat ini masuk ke semua wilayah Timur Indonesia yaitu Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Tengah, Papua Selatan, Papua Pegunungan Tengah, Papua Barat dan Papua Barat Daya.

“Memang wilayah kerja kami sangat luas. Kenapa kita lebih intes di Papua, karena Papua merupakan daerah penyangga Republik, jadi SDMnya harus kita kembangkan sehingga pembangunan di daerah bisa lebih maju dengan SDM yang terampil di bidang digital,” jelasnya.

Sementara itu, mewakili Plt Bupati Mimika Johannes Rettob, dalam sambutan Kepala Disnakertrans Mimika melalui Sekretaris Disnakertrans, Santy Sondak mengatakan bahwa Pemkab Mimika sangat bangga atas undangan yang diberikan oleh BPSDMP Kominfo UPT Makassar.

“Salah satu kegiatan Kementerian Kominfo melalui Balai Besar ini adalah mempersiapkan generasi ke depan untuk bisa bersaing. Apalagi sertifikat yang diperoleh nantinya bersifat nasional bahkan internasional,” tuturnya.

Ia juga berharap peserta pelatihan dapat memanfaatkan pelatihan ini dengan baik, karena tentunya para peserta akan mendapatkan sertifikasi VSGA setelah lulus ujian kompetensi. Sehingga dengan adanya pelatihan ini, selain menerima sertifikat juga memiliki kemampuan di bidang digital yang mumpuni sehingga mampu bersaing dalam persaingan global.

“Kami berharap 180 peserta yang ikut pelatihan, 180 peserta juga yang mendapatkan sertifikasi, sehingga apa yang dipelajari nantinya bisa dikembangkan di dunia kerja, karena kalianlah nantinya yang akan membangun Kabupaten Mimika,” harapnya.

Sedangkan Direktur Politeknik Amamapare Timika, Ir. Herman Dumatubun,S.T,M.T dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPSDMP Kominfo Unit Makassar atas perhatian dan kerjasamanya sehingga kegiatan ini dapat terselenggara di Kabupaten Mimika, tepatnya di kampus Politeknik Amamapare Timika.

“Kami sangat berterimakasih karena memilih kami sebagai penyedia tempat. Dengan diadakan pelatihan dan sertifikasi ini akan sangat membantu dalam membangun SDM di Mimika. Kita sebagai Perguruan Tinggi khususnya di bidang vokasi adalah wadah dalam membangun SDM yang terampil serta siap pakai di dunia kerja dan juga untuk pengembangan Sumber Daya di Tanah Papua,” ujarnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy