SALAM PAPUA (TIMIKA) - Pada momentum Hardiknas 2023, Ketua DPRD Mimika, Anton Bukaleng berharap agar semua guru honorer di Kabupaten Mimika dapat diprioritaskan untuk pengangkatan baik menjadi pegawai negeri sipil (PNS) maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Anton mengatakan, pendidikan merupakan gerbang untuk mencerdaskan generasi bangsa, sehingga pemerintah perlu memberikan perhatian serius kepada para guru yang telah bertahun-tahun masih sebagai honorer.

“Honorer-honorer yang ada itu semua harus kasih naik atau diangkat jadi pegawai negeri, jangan jadikan mereka honorer terus dari tahun ke tahun. Ini tidak boleh, kalau bisa langsung PNS,” ujarnya saat ditemui di kantor DPRD Mimika, Selasa (2/5/2023).

Menurut dia, terkait pengangkatan tenaga honorer agar tidak melihat dari sisi sukuisme atau adanya faktor kedekatan, namun harus melalui mekanisme yang berlaku karena semua tenaga honorer perlu dirangkul dan jangan dibeda-bedakan.

“Mereka (guru honorer) yang bekerja sudah bertahun-tahun perlu ada perhatian yang serius dari pemerintah. Jangan yang lain dingkat jadi PNS, yang lain kasih tinggal. Ini tidak boleh terjadi,” tegasnya.

Dia menambahkan, secara khusus untuk guru-guru honorer dari putra dan putri Amungme-Kamoro harus menjadi perhatian dan diprioritaskan terlebih dahulu.

"Tidak boleh tahan lama-lama (sebagai) honorer, terkhusus putra-putri daerah, harus diangkat. Mereka itu yang akan mengajar penerus-penerus di tanah kita,” tutupnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy