SALAM PAPUA (TIMIKA) – Ketua DPRD Mimika, Anton Bukaleng,S.Sos,M.Si mengungkapkan bahwa pelantikan Pj Bupati Kabupaten Mimika Valentinus Sudarjanto Sumito,S.IP,M.Si yang akan digelar di Nabire, Selasa (20/6/2023), disebut tanpa melalui koordinasi dengan pihaknya dan dinilai sebagai sebuah permainan.

Kepada awak media di Timika, politisi partai Golkar ini mengatakan bahwa selaku Ketua DPRD, dirinya yang mengajukan ke Kemendagri untuk pergantian Plt Bupati di Mimika.

Sebab menurut dia, DPRD Mimika juga berhak mengusulkan nama dan figur yang akan menjadi Pj Bupati Mimika untuk menggantikan Plt Bupati Mimika Johannes Rettob. 

Namun dia sangat menyesalkan tanpa adanya pengusulan nama, secara mendadak Pj Gubernur Papua Tengah langsung mengeluarkan undangan untuk pelantikan Valentinus Sudarjanto Sumito sebagai Pj Bupati Mimika.

“Saya bingung dengan semua ini. Ini suatu permainan. Tiba-tiba besok ini tanggal 20 Juni 2023 akan dilantik Pj Bupati Mimika di Nabire. Ini aneh sekali. Jadi surat saya selaku Ketua DPRD Mimika ke Mendagri itu masuk atau tidak? Buktinya ibu Pj Gubernur sekarang mau Lantik  Pj Bupati itu,” tegas Anton, Selasa (19/6/2023).

Dia menyampaikan bahwa di Mimika sesungguhnya sudah siap anak Amungme dan Kamoro serta OAP lainnya yang bisa menduduki jabatan Pj Bupati. Karena itu sangat disesalkan ketika jabatan tersebut diisi berlandaskan adanya kepentingan tertentu.

“Ada kepentingan apa kalau modelnya begini. Harusnya Ibu Pj Gubernur Papua Tengah paham dengan usulan yang telah saya sampaikan. Saya terima undangan untuk pelantikan Pj Bupati itu hari ini, Senin (19/6/2023, Red), pukul 14.00 WIT,” ujarnya.

Wartawan : Acik

Editor : Jimmy