SALAM PAPUA (TIMIKA) – Ibu-ibu di Kabupaten Mimika rela berdesak-desakkan menyerbu pasar murah yang digelar Dinas Ketahanan Pangan menjelang peringatan HUT RI ke-78 tahun 2023 di halaman Graha Emeneme Yauware Timika, Jumat (28/7/2023).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Yulius Koga mengatakan bahwa pasar murah digelar untuk umum dan telah menyebarkan informasi beberapa hari sebelumnya sehingga sangat dipahami ketika warga berbondong-bondong untuk berbelanja semua kebutuhan. Namun setiap jenis bahan yang dijual hanya diperbolehkan dalam jumlah tertentu supaya bisa merata ke semua warga yang datang.

“Semuanya lengkap di pasar murah ini, yang kurang hanya tomat dan rica. Sangat luar biasa antusias masyarakat Mimika khususnya ibu-ibu, karena memang semua kebutuhan dapur disediakan,” ungkap Yulius.

Dia menambahkan, jumlah beras yang disediakan sebanyak 5 ton, demikian juga dengan kebutuhan lainnya seperti minyak goreng, telur, bawang merah dan bawang putih serta sembako lainnya sangat lengkap dengan harga yang sangat dijangkau.

“Pasar murah ini digelar dalam rangka HUT RI ke-78. Setelah hari ini akan ada dua kali pasar murah lagi yang akan kami gelar bersamaan dengan kegiatan yang akan dilakukan oleh panitia HUT RI. Sejak Maret hingga saat ini kita sudah gelar pasar murah sebanyak 20 kali,” ujarnya.

Setelah HUT RI, pasar murah akan berlanjut hingga Desember menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru. Untuk anggarannya akan didorong pada APBD Perubahan.

“Kita lakukan untuk meringankan beban masyarakat,” tuturnya.

Wartawan : Acik

Editor : Jimmy