SALAM PAPUA (TIMIKA) - Brigif Raider 20/IJK Mimika menggelar acara pamit kenal dalam pergantian komandannya dari Kolonel Inf. Ahmad Daud Harahap kepada Letkol Inf. Raden Yoga Raharja, yang dilaksanakan di Lapangan Olahraga Brigif Raider 20/IJK, Selasa malam (4/7/2023).

Turut hadir dalam acara tersebut, Penjabat (Pj) Bupati Mimika Valentinus Sudarjanto Sumito, Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mimika Petrus Yumte, jajaran Forkopimda Kabupaten Mimika, serta seluruh undangan lainnya yang turut menyampaikan ucapan selamat baik kepada Kolonel Inf. Ahmad Daud Harahap yang akan berpindah tempat tugas maupun kepada Letkol Inf. Raden Yoga Raharja sebagai Komandan Brigif (Danbrigif) Raider 20/IJK Mimika yang baru.

Kolonel Inf. Ahmad Daud Harahap mengaku bahwa Kabupaten Mimika memberikan kesan tersendiri baginya meskipun telah banyak bertugas di daerah-daerah lain.

“Kesan saya selama di Timika sangat positif dan ini merupakan bagian dari salah satu hidup saya. Saya sudah bertugas di beberapa tempat di Indonesia dan berkeliling, sementara di Mimika masyarakatnya sangat guyub, ramah, toleransi antar umat beragamanya juga sangat baik,” ujarnya.

Kolonel Inf. Ahmad mengungkapkan, sudah sekitar 1,5 tahun ia memimpin Brigif Raider 20/IJK, dan seluruh jajaran Forkopimda sangat membantu dirinya dalam melaksanakan tugas. Dia berharap semua anggota Brigif Raider 20/IJK Mimika bisa saling membantu dalam menjaga keamanan di Kabupaten Mimika bersama komandan yang baru.

“Selama saya memimpin dari Maret (2022) hingga Juni (2023) semua anggota saya dan semua pemangku kepentingan di Timika selalu membantu dalam melaksanakan tugas, sehingga saya bisa menjalankan tugas pengamanan dengan sangat baik. Saya berharap dengan pemimpin baru bisa terus menjaga keamanan yang tercipta selama ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Danbrigif Raider 20/IJK Mimika yang baru, Letkol Inf. Raden Yoga Raharja dalam sambutannya, selain memperkenalkan diri, juga sempat menceritakan perjalanan kariernya selama bertugas di institusi TNI.

“Dari riwayat penugasan kami tidak ada satupun jabatan sesuai keinginan dan perkiraan kami. Semuanya merupakan karunia dan nikmat dari Allah yang mungkin terbaik untuk saya,“ tuturnya.

Letkol Inf. Raden Yoga memohon adanya kerjasama dan dukungan dari semua pihak agar dirinya dapat melaksanakan tugas dengan baik di Mimika.

“Saya meminta bantuannya kepada semua pihak, saya akan meneruskan apa yang sudah dikerjakan. Dan yang menjadi fokus saya adalah Brigif ini akan lebih bermanfaat untuk masyarakat serta menjaga keamanan yang sudah dijaga selama ini,” ungkapnya.

Sedangkan Pj Bupati Mimika Valentinus Sudarjanto Sumito dalam sambutannya mengatakan, dalam melaksanakan tugas dan amanah promosi jabatan mutasi adalah hal yang lumrah. Ini dilakukan juga untuk mengembangkan karier agar mampu menjawab tantangan dalam rangka menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban suatu wilayah.

“Saya baru kenal 1 minggu dengan Kolonel Inf. Ahmad tapi beliau sangat memberikan kesan yang baik, apalagi sebelumnya ada beberapa kejadian sebelum saya menjabat sebagai Pj Bupati,” ujarnya.

Valentinus menyampaikan terimakasihnya kepada mantan Danbrigif atas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat Mimika selama memimpin dan telah mewujudkan stabilitas keamanan, ketentraman dan kedamaian di Kabupaten Mimika.

Sedangkan kepada Danbrigif yang baru, dirinya menyambut dengan baik dan menyampaikan selamat melaksanakan tugas di Kabupaten Mimika.

“Saya berharap Kolonel di tempat baru bisa menjalankan tugas dengan baik dan tetap menjalin silaturahmi yang baik dengan kami, dan untuk Letkol Inf. Raden saya sebagai Pimpinan Daerah mengucapkan selamat bertugas sebagai pemimpin baru di Brigif Raider 20/IJK Mimika. Semoga kita bisa selalu bersama-sama menjaga keamanan di Mimika,” tutupnya.

Acara pun dilanjutkan dengan penyerahan cenderamata dari Pemerintah Kabupaten Mimika, semua jajaran Forkopimda Mimika, serta dari Waanal Coffee and Resto dan media salampapua.com sebagai anak perusahaan PT. Amiete Papua Grup (APG) kepada Kolonel Inf. Ahmad Daud Harahap.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy