SALAM PAPUA (TIMIKA) – Memperingati Hari Anak Nasional ke-39 tahun 2023, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Mimika merangkul anak jalanan dan menyosialisasikan tentang bahaya narkoba, yang diselenggarakan di Graha Emeneme Yauware Timika, Selasa (25/7/2023).

Mewakili Pj Bupati Mimika, kegiatan ini dibuka oleh Asisten Bidang Administrasi Umum, Hendriette Tandiono dengan mengangkat tema “Anak Terlindungi Indonesia Maju” dan Sub Tema “Cerdas Bermedia Sosial Menuju Generasi Emas Mewujudkan Indonesia Layak Anak Pada Tahun 2030 Dan Indonesia Generasi Emas Pada Tahun 2045 Tanpa Pengkawinan Dan Kekerasan Terhadap Anak”.

Selain sosialisasi terkait bahaya narkoba, juga diberikan sosialisasi UU Perlindungan Anak, kampanye stop kekerasan terhadap perempuan dan anak serta pencegahan pernikahan dini.

Kepala Dinas P3AP2KB Mimika, Hermalina Imbiri mengatakan bahwa dalam kegiatan Hari Anak Nasional tersebut, pihaknya bekerjasama dengan BNNK Mimika untuk menyosialisasikan terkait bahaya narkoba agar anak-anak di Mimika tahu bahwa narkoba sangat berbahaya dan harus   menghindarinya.

Bahaya narkoba yang harus diketahui anak-anak ialah kerusakan organ tubuh bahkan berujung pada kematian serta akan terjerat hukum, dalam hal ini bisa dipenjara hingga hukuman mati.

“Kita sengaja sosialisasikan itu karena kita tahu sekarang ini peredaran narkoba sangat marak di Timika. Hari Anak Nasional diselenggarakan 23 Juli, akan tetapi kita baru bisa gelar hari ini. Kita hadirkan 150 anak sekolah dan anak-anak jalanan,” ungkapnya.

Dia menambahkan, demikian juga halnya terkait kekerasan terhadap anak disosialisasikan agar anak-anak di Mimika tahu bahwa mereka punya hak dan mendapatkan perlindungan hukum. Anak-anak Mimika juga harus tahu bahwa kekerasan terhadap siapapun bukan merupakan sesuatu yang baik untuk dilakukan ataupun ditiru.

Sementara itu, Asisten Bidang Administrasi Umum, Hendriette Tandiono mengatakan, dengan peringatan Hari Anak Nasional ke-39 diharapkan anak-anak Mimika  bisa lebih semangat menjadi generasi penerus yang baik.

“Saya berharap supaya ke depannya peringatan Hari Anak Nasional ini harus lebih meriah lagi dan melibatkan anak-anak panti asuhan. Buat rangkaian kegiatan yang benar-benar menunjukan adanya Hari Anak Nasional,” ujarnya saat diwawancara usai membuka kegiatan mewakili Pj Bupati Mimika.

Wartawan : Acik

Editor : Jimmy