SALAM PAPUA (TIMIKA) - Merayakan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Mimika menggelar Pawai Ta’aruf, yang titik start-nya dilaksanakan di Lapangan Pasar Lama Timika, Rabu (19/7/2023).

Pawai yang diikuti oleh sekitar 6000-an siswa sekolah dari berbagai tingkatan, TPQ, remaja masjid, majelis taqlim dan Ormas Islam di Timika ini, dilepas oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Mimika, Andi Ramli Teru, mewakili Pj Bupati Mimika.

Andi dalam sambutan Pj Bupati Mimika mengatakan, peringatan 1 Muharram 1445 H ini bisa dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Sang Pencipta, sebab pada saat itulah umat Muslim diperintahkan melalui Rasul untuk mendirikan Shalat.

“Sehingga moment ini sebagai wujud syukur bahwa kita masih diberikan kesempatan, masih bisa merayakan Tahun Baru Islam, masih diberi kesempatan mengabdi kepada Allah,” ujarnya.

Pawai Ta’aruf ini juga sebagai momen sosial, dimana dengan pawai ini Kerukunan Persaudaraan Ukhuwah Islamiyah tetap terjalin dan lebih mempererat kebersamaan sesama umat yang beragama Islam.

“Ini menjadi sarana silahturahmi antar sesama dan untuk memotivasi masyarakat agar lebih bersyukur, karena bulan ini mempunyai arti tersendiri yaitu bulan yang penuh dengan Rahmat, Maghfiroh dan Ampunan dari Allah,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua PHBI Mimika, Laitam Gredenggq mengatakan, perayaan 1 Muharram ini sudah tiap tahun dirayakan untuk memeriahkan antusiasme umat Islam di Mimika.

“Kami sebagai PHBI memfasilitasi antusias umat Muslim di Mimika, tetapi bukan hanya umat Muslim yang ikut berpartisipasi tetapi ada juga dari masyarakat asli Mimika (suku Mee) yang ikut memeriahkan Pawai Ta’aruf ini,” ujarnya.

Dia berharap perayaan 1 Muharram ini tidak hanya selesai sampai di sini tetapi dapat dilaksanakan juga oleh kaum pemuda Muslim selanjutnya.

“Dengan kegiatan-kegiatan ini kami berharap menjadi contoh oleh pemuda Muslim selanjutnya, sehingga kegiatan ini bisa terus berjalan setiap tahunnya,” harapnya.

Usai Pawai Ta’aruf kegiatan dilanjutkan dengan pembagian doorprize dengan hadiah utama Motor Listrik.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy