SALAM PAPUA (TIMIKA) -  Sekolah Dasar (SD) Inpres Koperapoka, Kabupaten Mimika, menggelar syukuran HUT ke-39 yang dirangkaikan dengan Reuni Akbar perdana, yang bertempat di lapangan sekolah SD Koperapoka, Selasa (18/7/2023).

Adapun kegiatan ini menampilkan pembacaan singkat berdirinya SD Koperapoka, Teater Mini yang mengisahkan keberhasilan anak Kamoro alumni SD Koperapoka oleh anak-anak SD Koperapoka, nyanyian dari guru-guru, paduan suara anak-anak SD Koperapoka serta tarian seka oleh alumni.

Ketua Panitia kegiatan, Gregorius Okoare dalam sambutannya mengungkapkan, SD Koperapoka telah menciptakan anak-anak terbaik Papua dan menjadi rumah bagi alumni-alumni yang sudah sukses.

“Alumni SD Koperapoka telah melahirkan banyak pemimpin, 39 tahun sudah Sekolah ini berdiri menjadi kebanggaan kami,” ujarnya.

Ketua Lembaga Musyawarah Adat Suku Kamoro (Lemasko) tersebut mengatakan bahwa pelaksanaan reuni akbar merupakan ajang silahturahmi dan berkumpulnya para alumni.

“Dengan tema bersatu dalam keluarga besar SD Koperapoka untuk mewujudkan sekolah yang berwawasan global, maka tema ini menyatukan kita para alumni untuk membangun Papua,” ujarnya.

Dirinya sangat berterima kasih atas partisipasi semua alumni sehingga acara syukuran tersebut bisa berjalan dengan baik, yang mana dana yang terkumpul dari para Alumni sejumlah Rp 157 Juta.

“Kalau bukan karena alumni acara ini tidak bisa berjalan dengan baik, saya percaya dengan adanya kebersamaan ini sehingga acara bisa semeriah ini,” ungkapnya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika, Willem Naa dalam sambutan Pj Bupati Mimika mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Mimika menjadikan pendidikan sebagai prioritas dan program unggulan, sebab dengan pendidikan yang berkualitas bisa menghasilkan sumber daya manusia yang dapat membangun Daerah.

“Melalui acara ini, saya berharap bisa dijadikan momentum yang sangat strategis dalam mengevaluasi kinerja lembaga pendidikan ini selama 39 tahun berkiprah,” ujarnya.

Sedangkan Kepala Sekolah SD Koperapoka, Margarita Abraham dalam sambutannya mengungkapkan bahwa SD Koperapoka telah banyak menghasilkan para pemimpin, TNI dan Polri di Kabupaten Mimika bahkan di Provinsi Papua. Ia pun mengajak kepada semua alumni untuk berbangga diri dan berterimakasih kepada guru-guru yang telah menghasilkan para lulusan tersebut.

“Ini adalah perayaan HUT perdana yang sekaligus dirangkaikan dengan reuni akbar, ini semua tercipta karena kehebatan para alumni yang terlibat,” ujarnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy