SALAM PAPUA (TIMIKA) - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melalui UPTD Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM)  Kabupaten Mimika menggelar Pencanangan Penyaluran Air Bersih bagi masyarakat Mimika.

Pencanangan penyaluran Air bersih ini diresmikan Pj Bupati Mimika Valentinus Sudarjanto Sumito, yang dihadiri manajemen PT Freeport Indonesia yang diwakili VP Community Development PTFI, Nathan Kum dan VP Government Relation PTFI Johnny Lingga di jalan Bhayangkara, jalur 3 Kelurahan Koperapoka, Distrik Mimika Baru (Miru), Senin (14/8/2023).

Dalam sambutannya, Kepala Dinas PUPR Mimika, Dominggus Robert H. M. Mayaut menyebutkan bahwa pencanangan penyaluran air bersih berdasarkan UUD 1945 pasal 33 untuk  kesejahteraan rakyat. Berikutnya ialah Perbup Mimika nomor 5 tahun 2023 tanggal 27 Januari 2023 tentang penjabaran APBD tahun anggaran 2023.

Penyediaan air bersih ini bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat di Mimika sehingga masyarakat dapat hidup sehat dan terhindar dari penyakit, baik Stunting ataupun penyakit lainnya.

“Karena itu Pemkab Mimika akan memenuhi arahan undang-undang itu. Pencanangan air bersih di Mimika dimulai dari Koperapoka. Pengerjaan pencanangan penyaluran air bersih untuk wilayah Koperapoka akan berakhir hingga Desember 2023,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa rencana penyaluran air bersih telah dimulai sejak 2012, dilanjutkan dengan pemasangan pipa pada tahun 2013. Instalasi penyaluran air (IPA) bersumber dari Kuala Kencana dengan jaringan air ada di area SP3, SP13, SP12, SP7, SP2, Kwamki Lama, dan di dalam wilayah kota.

“Harapannya kelanjutan program ini masuk dalam program multiyears agar kapasitas dan pasokan air bagi masyarakat Mimika bisa merata dan tuntas,” harapnya.

Sementara Pj Bupati Mimika, Valentinus Sudarjanto Sumito dalam sambutannya mengatakan, pencanangan ini menjadi hadiah HUT Kemerdekaan RI ke-78.

“Ini sebagai hadiah bagi masyarakat pada HUT RI ke-78. Persediaan air bersih yang dipergunakan masyarakat setiap hari harusnya memenuhi syarat, baik kualitas, kuantitas dan kontinuitas. Dengan bertambahnya penduduk tentunya menuntut semakin meningkatnya penggunaan air bersih,” ujarnya.

Pantauan salampapua.com, pembukaan pencanangan penyaluran air bersih ini ditandai dengan pembukaan kran oleh Pj Bupati dan Pj Sekda serta diakhiri dengan penyerahan bantuan sosial (Bansos) berupa sembako kepada masyarakat Kamoro di Koperapoka.

Wartawan : Acik

Editor : Jimmy