SALAM PAPUA (TIMIKA) - Pemerintah Kabupaten Mimika bersama PT Freeport Indonesia (PTFI) akan membangun alun-alun yang menggambarkan Mimika sebagai Kota Pertambangan.

Vice President Bidang Hubungan Pemerintahan PTFI, Jonny Lingga mengatakan, ke depan ada beberapa proyek yang akan dilakukan PTFI bersama Pemkab Mimika, salah satunya adalah pembangunan alun-alun yang bertemakan Kota Pertambangan.

“Kita sudah mencanangkan beberapa proyek kepada PJ Bupati salah satunya pembangunan alun-alun. Ini menjadi salah satu bukti adanya kehadiran PTFI di Kabupaten Mimika,” ujarnya saat penyerahan bantuan PTFI kepada Pemkab dalam memeriahkan HUT RI ke-78, yang diselenggarakan di Puspem Mimika, Senin (14/8/2023).

Menurut Jonny, walaupun banyak orang yang tahu bahwa Timika adalah Kota Tambang, tapi setelah datang ke Timika tidak ada tempat yang menggambarkan bahwa Timika adalah Kota Tambang.

“Orang tahu saja Timika Kota Tambang tapi kenyataannya ciri-ciri Kota Tambang tidak terlihat di Kota Timika, sehingga perencanaan ini bisa menjadi bukti bahwa Timika memiliki tempat Tambang yang besar,” harapnya.

Sementara itu, Pj Bupati Mimika Valentinus Sudarjanto Sumito membenarkan bahwa Timika tidak memiliki tempat yang menggambarkan bagaimana pertambangan ada di Timika.

Dengan adanya alun-alun yang besar nantinya akan menggambarkan banyak cerita tentang dunia pertambangan, Budaya Kamoro dan juga Kesenian lainnya dari tanah Amungsa Bumi Kamoro.

“Selama ini orang-orang hanya mengambil foto di ban besar yang ada di Bandara lama, hanya ban itu saja yang menjadi kebanggaan orang Timika. Kita buat alun-alun yang besar sehingga ada kebanggan lain lagi dari Timika yang bisa kita pamerkan kepada Daerah lain yang mau berkunjung,” ungkapnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy