SALAM PAPUA (TIMIKA) – Pelaksanaan upacara HUT Ke-78 Kemerdekaan RI di Kabupaten Mimika, Kamis (17/8/2023), yang diselenggarakan di halaman Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, SP 3, berlangsung khidmat dengan nuansa pakaian adat nusantara.

Pada upacara dengan tema nasional “Terus Maju untuk Indonesia Maju” ini, Pj Bupati Mimika Valentinus Sudarjanto Sumito sebagai inspektur upacara dan Kasatreskrim Polres Mimika AKP Julkifli Sinaga,S.I.K selaku komandan upacara.

Sementara naskah Proklamasi dibacakan oleh Ketua DPRD Mimika Anton Bukaleng,S.Sos,M.Si.

Pantauan salampapua.com, peserta upacara terdiri dari personel TNI, Polri, Pegawai Pemkab, pegawai BUMN, pegawai Kantor swasta, Komunitas serta utusan kerukunan nusantatra yang ada di Mimika.

Suasana menjadi hening saat Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) di bawah kendali Kanit Samapta Polres Mimika Ipda Lalu Hiskam Anady,S.E selaku Danki Paskibra memasuki lapangan upacara. Langkah tegap Paskibra dalam barisan yang rapi mewarnai semarak kemerdekaan hingga saat bendera Merah-Putih dikibarkan.

Adapun pembawa baki bendera adalah Siti Rukmana Antonia Rumbiak yang merupakan siswi SMAN 6 Mimika. Sedangkan pengibar bendera dipercayakan kepada Achmad Raihan H. Kaplele siswa SMAN 6 Mimika, Michael Mario Christiandro Ngoranubu siswa SMAN 1 Mimika, dan Aloysius Virgii Bokeyau Siswa SMAN 1 Mimika.

Setelah Upacara berakhir, dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan kemudian tarian seka bersama seluruh tamu undangan yang dipimpin oleh PJ Bupati Mimika Valentinus Sudarjanto Sumito.

Wartawan : Acik

Editor : Jimmy