SALAM PAPUA (TIMIKA) – Bupati Mimika Eltinus Omaleng mengambil alih jabatan Ketua Umum (Ketum) kepengurusan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Mimika.

Hal ini disampaikan Bupati Omaleng saat rapat dengan para pengurus cabang olahraga di Kabupaten Mimika dan perwakilan dari KONI Provinsi Papua Tengah, Cessar Avianto Tunya, yang diselenggarakan di Hotel Swiss-Belinn Timika, Kamis (14/09/2023).

Omaleng mengaku pengambilalihan jabatan ini karena belum dilantiknya Ketum KONI Mimika terpilih sebelumnya, sehingga menurut dia ada kesempatan untuk merombak kembali susunan kepengurusannya.

“Itu hal yang biasa, jadi ada kekosongan harus diisi, karena beliau (Ketum terpilih Johannes Rettob, Red)) masih diproses, jadi saya ambil ahli kembali Ketum,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Dia pun menunjuk Simon Kasamol sebagai Sekretaris dan Ketua Harian, yang juga diberikan mandat penuh sebagai Formatur untuk menyusun kepengurusan KONI Kabupaten Mimika yang kemudian akan segera dilantik.

“Saya langsung tunjuk Sekretaris saya, ke depan dia (Simon) yang akan mengurus dan mengatur siapa-siapa yang akan menjadi pengurus, langsung kita lantik sama-sama, jangan pengurus itu-itu saja,” tegasnya.

Bupati Omaleng berharap dengan kepengurusan yang baru nanti, KONI Mimika bisa berjalan dengan baik dan kemudian dapat membenahi kembali venue-venue yang telah dibangun.

“Kemarin saya turun lapangan langsung lihat banyak aset-aset yang tidak berjalan, bangunan-bangunan sudah mati, rumput-rumput sudah naik, KONI harus aktif sehingga venue bisa difungsikan,” tutupnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy