SALAM PAPUA (TIMIKA) - Bupati Mimika Eltinus Omaleng menggelar rapat monitoring dan evaluasi (Monev) program bersama seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam lingkup Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Mimika, yang diselenggarakan di Pendopo Rumah Negara Pemkab Mimika, Selasa (5/9/2023).

Rapat ini bertujuan menindaklanjuti arahan Pj Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk yang memberi perhatian khusus pada lambatnya progres pelaksanaan kegiatan Kabupaten Mimika Tahun 2023.

Bupati Omaleng mengatakan, Monev ini dilakukan untuk melihat kendala yang dihadapi setiap OPD. Pasalnya dari sisi serapan anggaran hingga saat ini baru mencapai 35 persen.

"Jadi ini kita lakukan rapat untuk semua OPD karena penyerapan masih sangat rendah," ujarnya.

Rendahnya serapan ini pula dikatakan Bupati membuat DPRD masih enggan untuk membahas APBD Perubahan Tahun 2023. Namun dengan rapat ini ia ingin mendapatkan informasi langsung dari OPD sehingga pembahasan APBD Perubahan bisa dipercepat dan pembangunan di Mimika bisa terealisasi.

Apalagi dalam setahun terakhir dengan APBD yang mencapai Rp 5 Triliun, Bupati Omaleng menilai tidak ada progres pembangunan yang terjadi.

“Kita belum melakukan APBD-P karena penyerapan yang juga sangat rendah, jadi di sini saya mau tahu OPD ada masalah apa,” ungkapnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy