SALAM PAPUA (TIMIKA) - Menteri Perdagangan (Mendag) RI Zulkifli Hasan berkunjung ke Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, dan langsung mengunjungi Pasar Sentral Timika, Jalan Hasanudin, Selasa (19/9/2023).

Kedatangan Mendag RI saat memeriksa harga kebutuhan pokok yang didampingi Bupati Kabupaten Mimika Eltinus Omaleng dan juga Bupati Puncak Willem Wandik langsung disambut sorak-sorai pedagang Pasar Sentral Timika.

Tak hanya sekedar itu, Zulkifli Hasan juga membeli bahan pangan berupa beras, minyak goreng hingga betatas dan cabai dari salah seorang pedagang di Pasar Sentral untuk diberikan kepada masyarakat yang kebetulan berbelanja di pasar tradisional tersebut.

“Telur ayam semua lengkap harganya terjangkau dan stabil, harga sesuai dengan yang ditentukan oleh pemerintah,” ujar Zulkifli.

Ia menjelaskan, memang harga cabai agak sedikit lebih tinggi, tetapi bawang dan ayam harganya tetap terjangkau.

“Memang kita lihat harga rica (cabai) yang paling tinggi, mungkin mahal karena datangnya dari jauh, perkilogram Rp 60ribu sampai Rp70 ribu,” ungkapnya.

Zulkifli kemudian menyatakan akan mempelajari penyebab kenaikan tersebut, apakah hanya disebabkan karena biaya transportasi atau faktor lainnya.

“Nah kalau memang karena biaya pengirimannya yang mahal, pemerintah gencar membangun infrastruktur agar seluruh wilayah Papua itu harganya bisa standar,” tutupnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy