SALAM PAPUA (TIMIKA) – Aplikasi Lapor Drainase yang akan diluncurkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Rakyat (PUPR) Kabupaten Mimika mendapat apresiasi dari anggota DPRD Mimika karena dinilai dapat mempermudah masyarakat dalam melaporkan terkait berbagai permasalahan drainase yang sering terjadi.

Ketua Komisi B DPRD Mimika, Muhammad Nurman S Karupukaro mengatakan, kehadiran aplikasi Lapor Drainase berbasis digital ini dapat membantu masyarakat untuk segera melaporkan jika ada drainase yang rusak tanpa harus mendatangi kantor Dinas PUPR.

“Kalau aplikasi diluncurkan saya rasa sangat bagus. Pertama Timika memiliki curah hujan yang cukup tinggi, Kedua kita punya daerah merupakan daerah dataran rendah, dan Ketiga tanah kita ini memiliki endapan penyerapan yang sangat kurang. Dengan kondisi seperti ini sangat memungkinkan drainase tersumbat bahkan rusak,” ujarnya kepada salampapua.com, Senin (25/9/2023).

Namun menurut Nurman, sebelum diluncurkan, harus disosialisasikan kepada Lurah, RT-RT dan dipikirkan kembali daerah-daerah yang tidak memiliki akses internet.

“Sebelumnya harus disosialisasikan sehingga aplikasi ini benar-benar terpakai. Kemudian untuk wilayah yang tidak memiliki akses internet segera dipikirkan juga bagaimana mereka bisa melaporkan, karena jelas permasalahan seperti ini bukan hanya dirasakan di wilayah perkotaan,” jelasnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy