SALAM PAPUA (TIMIKA) – Eltinus Omaleng akan kembali diaktifkan sebagai Bupati Mimika setelah dirinya sempat dinonaktifkan Mendagri karena permasalahan hukum yang diitetapkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan kemudian divonis lepas oleh Pengadilan Negeri Makassar.

Serah terima jabatan (Sertijab) dari Pj Bupati Mimika Valentinus Sudarjanto Sumito kepada Bupati Mimika Eltinus Omaleng akan dilaksanakan di graha Eme Neme Yauware Timika, besok Senin (4/9/2023).

Pj Bupati Mimika Valentinus Sudarjanto Sumito kepada salampapua.com mengungkapkan bahwa dirinya telah menerima SK pengaktifan kembali Eltinus Omaleng sebagai Bupati Mimika dari Mendagri. Dan pelaksanaan Sertijab akan dipimpin langsung Pj Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk.

“Benar sekali pak Eltinus Omaleng diaktifkan kembali sebagai Bupati Mimika. Besok (Senin, 4/9/2023) kami akan serah terima jabatan di graha Eme Neme Yauware yang dipimpin langsung oleh Pj Gubernur Papua Tengah. Undangan jam 10.00 WIT,” ungkap Valent kepada salampapua.com melalui pesan whatsapp, Minggu (3/9/2023).

Seperti diberitakan sebelumnya, Eltinus Omaleng telah kembali ke Timika, pada Sabtu (2/9/2023). Warga Papua dan paguyuban se-Nusantara di Kabupaten Mimika turut menjemput kepulangan Bupati Mimika 2 Periode tersebut, dan menggelar konvoi sejak dari Bandara Mozes Kilangin hingga ke gereja Mile 32 untuk pelaksanaan ibadah syukur.

Wartawan/Editor: Jimmy