SALAM PAPUA (TIMIKA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Mimika memastikan bahwa intensitas curah hujan di Timika akan terjadi hingga pertengahan bulan September 2023.

Forecaster BMKG Mimika, William Titahena menyampaikan bahwa curah hujan saat siang dan malam hari terjadi di Mimika sebagai dampak terjadinya fenomena El Nino yang masuk ke wilayah Indonesia sehingga mempengaruhi uap air.

“Harusnya curah hujan tinggi di Timika hanya terjadi di Bulan Juni, Juli dan Agustus, tapi karena adanya El Nino makanya sampai saat ini masih hujan terus. Puncaknya nanti di pertengahan September,” ungkap William, Kamis (7/9/2023).

Pantauan salampapua.com, akibat tingginya curah hujan banyak ruas jalan dalam wilayah kota Timika tergenang air seperti di bundaran Petrosea, Jalan Cendrawasih tepatnya di depan Ramayana hingga ke hotel Kamoro Tame dan beberapa ruas jalan lainnya. Selain itu kompleks pemukiman warga juga terendam seperti di kompleks Sektoral belakang Katedral Tiga Raja, Kompleks Jalan Nuri atau Kompleks belakang Serayu.

Wartawan : Acik

Editor : Jimmy